Setahun Jadi DPO, Maling Kayu Ditangkap Saat Sembunyi di Hutan

  • 13-08-2019 / 14:55 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Setahun Jadi DPO, Maling Kayu Ditangkap Saat Sembunyi di Hutan Tersangka Nasuki ketika diamankan serta barang bukti truk dan kayu hasil pencurian.

MALANGPOSTONLINE.COM - Hampir setahun namanya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), Nasuki, 44, akhirnya berhasil dibekuk petugas Reskrim Polsek Gedangan, Senin (12/8). Warga Dusun Sumberlele, Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan ini ditangkap karena kasus pencurian kayu hutan.

Sebagai barang bukti kejahatannya, petugas mengamankan 10 gelondong kayu jenis Sonokeling. Dan satu unit truk yang digunakan untuk mengangkut kayu hasil curian.

"Tersangka kami tangkap ketika bersembunyi di tengah hutan. Begitu ada informasi tempat persembunyiannya, langsung kami amankan," jelas Kapolsek Gedangan, AKP Nuryono Malangpostonline.com.

Menurutnya, tersangka Nasuki ini terkenal licin. Dia selalu berhasil kabur ketika akan ditangkap. "Beberapa kali rumahnya kami gerebek, tersangka selalu berhasil meloloskan diri," ujar mantan Kapolsek Wagir ini.

Diperoleh keterangan, tersangka mencuri kayu hutan di kawasan Pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Gedangan. Aksinya dilakukan pada akhir Oktober 2018 lalu. Modus operandinya, dengan menebang beberapa kayu hutan menggunakan gergaji mesin.

Setelah ditebang dan dipotong menjadi beberapa bagian, kayu langsung dinaikkan truk. Namun saat itu, aksinya tidak berjalan mulus. Upayanya melakukan pencurian ketahuan oleh petugas Polsek Gedangan dan Perhutani yang sedang patroli.

Tersangka yang sadar aksinya ketahuan, memilih kabur ke hutan. Polisi saat itu hanya berhasil mengamankan barang buktinya. Setelah hampir setahun diburu, akhirnya pelaku berhasil diamankan.

"Kasusnya masih kami kembangkan untuk memburu pelaku lainnya. Pengakuan sementara, dia mencuri kayu hutan baru sekali saja," tegas Nuryono. (agp/lim/Malangpostonline.com)

Editor : lim
Uploader : irawan
Penulis : agp
Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU