FKKS Digelar di Stadion Tumpang

  • 13-08-2019 / 20:30 WIB
  • Kategori:Kabupaten
FKKS Digelar di Stadion Tumpang Plt Bupati Malang, H M Sanusi (tengah) didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara (tiga dari kanan) foto bersama dengan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jatim, Sunarto (tiga dari kiri)

MALANGPOSTONLINE.COM -  Forum Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) 2019 digelar di Stadion Tumpang. Kepastian itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jatim, Sunarto, saat paparan terkait persiapan FKKS dengan Plt Bupati Malang, HM Sanusi di ruang kerja Bupati Malang, Selasa (13/8).

Saat paparan, Sunarto yang datang dengan beberapa kepala bidang menyebutkan, FKKS sendiri merupakan event yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dengan tempat yang selalu berpindah-pindah.

"Tahun lalu kami menggelar di Kabupaten Lumajang, tahun ini di Kabupaten Malang. Kami memilih Stadion Tumpang sebagai tempat digelarnya acara," kata Sunarto kepada Malangpostonline.com. Dia mengatakan, kegiatan FKKS sendiri rencananya digelar pada 6-7 September 2019 mendatang.

Dia pun menjelaskan, kegiatan ini selain promosi perkembangan  kesenian daerah yang ada di kawasan selatan juga menjadi potensi wisata budaya.

Tahun ini tema kami adalah Dewi Cemara (Desa Wisata Cerdas Maju dan Sejahtera). "Dalam event ini ada beragam kegiatan yang digelar. Mulai dari pagelaran kesenian daerah, pameran dan lainnya. Dalam paparan itu juga, Sunarto mengatakan kegiatan ini akan dihadiri oleh kepala daerah dari delapan Kabupaten/Kota Se Jawa Timur. "Kami berharap, kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansah.

Sementara Plt Bupati Malang H M Sanusi, menyambut baik Tumpang sebagai tempat FKKS. Dia pun tak lupa berterima kasih kepada Pemprov Jatim yang sudah memilih Tumpang sebagai tempat FKKS.

"Dengan adanya event ini, kami berharap perkembangan pariwisata di Kabupaten Malang meningkat. Dan peningkatan pariwisata itu membawa dampak positif kepada masyarakat," katanya.

Sanusi juga mengatakan, bahwa wilayah Kabupaten Malang ini memiliki banyak sekali potensi wisaya. Mulai dari wisata budaya, wisata religi, dan wisata lainnya. Sehingga saat FKKS itu ditempatkan di Kabupaten Malang, itu sudah sangat tepat.

Terkait dengan potensi pariwisata tersebut, Sanusi pun mengusulkan kepada Pemprov Jatim untuk membuat jadwal fam trip. Dan peserta farm trip ini akan diajak keliling ke beberapa tempat wisata.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengatakan, pihaknya sebagai panitia lokal sudah sangat siap menyambut event FKKS. Termasuk saat kegiatan, pihaknya juga akan memamerkan kesenian dan budaya. "Sudah siap, termasuk nanti saat event, ada atraksi, dan anak-anak sedang getol latihan saat ini," ungkapnya.

Made menyebutkann kegiatan FKKS digelar di Tumpang karena kawasan ini berada di tengah-tengah, antara Kota Malang dan Gunung Bromo. "karena dekat, nanti juga akan ada jadwal fam trip. Kami juga akan bekerjasama dengan paguyuban jeep," tandasnya.(ira/Malangpostonline.com)

Editor : ira
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU