Pramuka Kota Malang Gencarkan Satgas Anti Narkoba

  • 14-08-2019 / 17:26 WIB
  • Kategori:Malang
Pramuka Kota Malang Gencarkan Satgas Anti Narkoba

MALANGPOSTONLINE.COM - Sebagai generasi penerus bangsa, gerakan pramuka mengajak para anggotanya untuk pro aktif dalam pelaksanaan pembangunan. Salah satunya, dengan menggencarkan satuan tugas (satgas) anti narkoba di Kota Malang yang bekerjasama dengan Polres Malang Kota dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang. Mereka secara aktif melakukan sosialisasi bagi para generasi muda untuk menjauhi obat terlarang itu.

Wakil Ketua Kwartir Cabang Kota Malang, Hery Sunarko mengungkapkan, satuan tugas yang sudah terbentuk sejak tiga tahun lalu tersebut, saat ini lebih digencarkan lagi. Saat ini, peredaran narkoba di Kota Malang cukup memprihatinkan.

"Untuk itu, satgas ini kembali digencarkan. Minimal, melakukan pencegahan terhadap kepada dirinya sendiri terlebih dahulu baru ke orang lain,” terang dia kepada Malangpostonline.com di sela-sela Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58 di Halaman Balai Kota Malang, Rabu (14/8).

Selama ini, ada 100 anggota satgas narkoba yang sudah tergabung. Selama ini, satgas yang tergabung dalam Saka Bhayangkara ini mendapatkan pembinaan secara khusus di Polsek Blimbing. “Kita menguatkan adik-adik pramuka menjadi angen penyelamat lingkunagan, termasuk turut melakukan edukasi dan penyuluhan terkait narkoba,” jelas pria yang juga Pamong Saka Bhayangkara Kota Malang ini.

Selain itu, lanjut Hery, pihaknya juga memiliki satgas khusus sebagai bentuk pengabdian anggota pramuka terhadap masyarakat. Seperti satgas penyelamat hingga satgas penyuluh keluarga berencana. “Satgas ini terbentuk berdasarkan kondisi yang dibutuhkan. Ini berfungsi untuk menggerakkan potensi SDM yang ada kalau mereka semua setia, siap sedia,” jelas pria berkacamata ini.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji menambahkan, saat ini, banyak permasalahan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara. Diantaranya, kasus korupsi, bahaya narkoba dan lainnya. Untuk itu, ia berharap kepada anggota pramuka mampu memberikan perubahan positif terhadap keutuhan bangsa dan negara. “Saya mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina serta semua anggota pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa” ujar dia.

Menurutnya, terdapat 10 Dasa Dharma yang merupakan komitmen para anggota pramuka untuk hidup di tengah-tengah keberagaman suku bangsa, tidak terkontaminasi dengan politik, sehingga memperkuat persatuan bangsa. “Kalau dasa dharma tadi bisa dikuatkan, segala kekhawatiran akan hilang. Meski sempat tenggelam di era reformasi, pramuka harus kembali bangkit, untuk membentuk karakter bangsa dengan jiwa patriot,” tandas dia.

Dalam pelaksaan upacara tersebut, ada beberapa penghargaan yang diberikan dalam Kejuaraan Pramuka Tingkat Kwartir daerah Jawa Timur. Sekolah-sekolah yang berprestasi dalam kejuaraan tingkat Jawa Timur ini, antara lain: SMPN 7 Malang dengan Juara Umum 2 Jelajah Situs Sejarah Bangsa, Juara 1 Peta Pita Jelajah Situs Sejarah Bangsa, Juara 1 Kim Jelajah Situs Sejarah Bangsa, dan Juara 3 Peta Pita Jelajah Situs Sejarah Bangsa.

Penghargaan selanjutnya diterima oleh SMPN 20 Malang yang meraih Juara 2 Isyarat dan Sandi Jelajah Situs Sejarah Bangsa, SMPLB Malang dengan Juara 1 P3K Penguatan Berkarakter Berbasis Pramuka dan Juara 2 Hias Penguatan Berkarakter Berbasis Pramuka, SMPN 2 Malang dengan Juara 2 Yel-Yel Jelajah Situs Bangsa, SMPN 4 Malang dengan juara 2 pada kejuaraan Yel-Yel Jelajah Situs Sejarah Bangsa, Kim Jelajah Situs Sejarah Bangsa, Debap Kebangsaan Jelajah Situs Sejarah Bangsa, dan Juara Harapan 1 Gudep Unggul.

Di tingkat SMA, SMAN 10 Malang berhasil meraih Juara 2 Putra Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU