Latih Kemandirian, Kwarran Kepanjen Gelar Lomba

  • 14-08-2019 / 18:01 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Latih Kemandirian, Kwarran Kepanjen Gelar Lomba SEMANGAT: Anggota Pramuka tampak semangat mengikuti kegiatan yang digelar Kwarran Kepanjen di Stadion luar Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

 

MALANGPOSTONLINE.COM - Hari Jadi Pramuka tahun 2019 tidak sekadar diperingati dengan menggelar upacara. Kwartir Ranting (Kwarran) Kepanjen, juga menggelar beragam kegiatan dan lomba di Stadion Luar Kanjuruhan, yang diikuti regu Pramuka, mulai tingkat SD, SMP dan SMA.

Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi  Pramuka Tahun 2019, Kwarran Kecamatan Kepanjen, Muslimin mengatakan, ada beberapa jenis kegiatan atau lomba yang diikuti masing-masing regu Pramuka. "Untuk tingkat Penggalang SD, kegiatannya permainan dan game. Sedangkan untuk tingkat Penggalang SMP melakukan kegiatan jelajah medan, dan tingkat penegak SMA melakukan kegiatan bakti sosial," kata Muslimin kepada Malangpostonline.com.

Pria yang juga Kepala SDN Sengguruh ini mengatakan, untuk lomba tingkat Penggalang SD jenisnya transfer stisk, meniup bola di atas air dalam gelas, pindah tali, mengambil bendera, Sandi, pionering dan P3K. Sedangkan bakti sosial untuk anggota Pramuka tingkat Penegak adalah melakukan pengecatan di fasilitas umum. "Kegiatan ini rutin kami gelar setiap tahun. Melalui kegiatan ini kami berharap adik-adik Pramuka semakin mandiri, trampil, jujur dan disiplin," tambahnya.

Kegiatan ini mendapat respon baik dari anggota Pramuka. Mereka semangat mengikuti kegiatan. Terlebih, dalam kegiatan ini,  panitia akan menetapkan regu terbaik. "Regu terbaik mendapatkan piala. Kami memilih terbaik 1, terbaik 2, terbaik 3, terbaik harapan 1 dan terbaik harapan 2," tuturnya.

Sementara itu, Wahyu Widyaning Dewi, Pembina Pramuka SD Islam Hasanudin 01 Dilem, Kepanjen mengatakan, jika dalam event ini pihaknya mengirim dua regu Pramuka, satu regu putri dan satu regu putra. Semua regu, mengikuti kegiatan yang digelar. "Alhamdulillah, adik-adik tampil apik dalam semua kegiatan. Terutama meniup bola di atas air dalam gelas. Kerja sama antar anggota Pramuka sangat terlihat dalam kegiatan ini," ungkapnya.

Wahyu mengatakan, kegiatan Pramuka di sekolahnya merupakan kegiatan ekstra kurikuler. Seluruh anggota Pramuka mengikuti latihan satu kali setiap minggu. "Tapi kalau ada event seperti ini, biasanya kami gelar latihan 2 sampai dengan 3 kali dalam seminggu. Untuk mematangkan materi," tambahnya.

Wahyu menambahkan, semua permainan yang digelar sudah diajarkan kepada adik-adik binaannya. Sehingga dia yakin, adik binaannya bisa membawa pulang juara. (ira/udi/Malangpostonline.com)

  • Editor : udi
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ira
  • Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI