Lingga Yoni dan Lumpang Sudah Diketahui Lama

  • 14-08-2019 / 19:30 WIB
  • Kategori:Malang
Lingga Yoni dan Lumpang Sudah Diketahui Lama

MALANGPOSTONLINE.COM - Penemuan dua benda diduga situs peninggalan kerajaan di kawasan Merjosari Kota Malang pagi tadi ternyata tidak sepenuhnya dikatakan penemuan baru.

Salah satu warga sekitar Wiwik Indriastuti yang tadi melaporkan ke dinas terkait mengatakan ia sudah mengetahui keberadaan dua benda bersejarah itu sejak lama kurang lebih satu tahunan ini. Hanya saja oleh warga sekitar dan perangkat tidak ada yang menindaklanjuti.

“Kalau lapor ke dinas terkait memang saya lakukan tadi. Tapi saya sudah tahu ini lama. Cuma ga ada yang peduli ga ada yang ngubris,” ungkap Wiwik yang sudah mendiami kawasan Merjosari dekat penemuan benda diduga situs sejak 1984 ini.

Ia mengaku telah melapor ke perangkat kelurahan atau lingkungan sejak lama, hanya saja tidak ada tindak lanjut. Barulah ketika seorang warga lain yang baru saja membeli tanah di kawasan penemuan yang hendak dibuatkan bangunan rumah kos menggali untuk fondasi, benda ini cukup membuat heboh pekerja.

Diakui Wiwik, ia sempat berbicara dengan pembeli tanah agar tidak merusak atau membongkar benda yang diduga situs ini kepada orang tersebut. Akan tetapi saat pekerja heboh tadi pagi kemudian banyak warga datang maka ia langsung berinisiatif melaporkan langsung.

“Saya bilang jangan dibongkar ini, kan karena ada pasalnya. Ya sudah saya laporkan saya lah langsung ke dinas,” katanya kepada Malangpostonline.com.

Sementara itu Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang Agung H Bhuana yang juga menjabat Kasi Promosi Wisata Dispudbar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Kota Malang mengatakan telah menerima laporan tersebut.

Dijelaskannya penemuan tersebut diketahui saat proses pembangunan proyek. Telah ditindaklanjuti Tim survey Cagar Budaya Kota malang ke lokasi penemuan tersebut.

“Untuk lebih jelasnya penanganan CB tersebut mohon dilakukan tertulis kepada kepala dinas budpar Kota Malang,” tandasnya. (ica/Malangpostonline.com)

  • Editor : ica
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI