Diskominfo Siapkan Marketplace Untuk Produk UMKM

  • 14-08-2019 / 20:27 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Diskominfo Siapkan Marketplace Untuk Produk UMKM Ferry Hari Agung

MALANGPOSTONLINE.COM - Beragam upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan menyiapkan aplikasi yang memudahkan warga mendapatkan produk-produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Sekarang aplikasinya sedang dibuat. Sejenis marketplace begitu," kata Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Malang, Ferry Hari Agung pada Malangpostonline.com.

Ditemui disela-sela kegiatan Sosialisasi Izin Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio dan Televisi, di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (13/8) lalu, Ferry menyebutkan jika dalam aplikasi yang dibuat ini, menampung puluhan ribu UMKM. Dimana mereka, tambah Ferry akan memasarkan produknya.

"Rencananya nama aplikasinya adalah Malang Kab UKM. Disini ada puluhan ribu UMKM, mereka bisa memasarkan produknya, dan warga pun akan lebih mudah mendapatkan produk-produk tersebut," tambahnya.

Dia mengatakan, belanja secara online saat ini menjadi trend di masyarakat. itu karena, cukup menggunakan gadget warga bisa mendapatkan produk-produk yang diinginkan, tanpa proses yang ribet. "Kami memudahkan warga mendapatkan produk, sekaligus membantu UMKM dalam memasarkan produk," urai Ferry. Dia pun berharap, dengan aplikasi ini, kesejahteraan pelaku usaha pun meningkat.

Aplikasi ini sendiri, tambah Ferry akan dilaunching pada awal September mendatang. Dia juga menjelaskan, untuk mensukseskan aplikasi ini, dengan Disperindag Kabupaten Malang.

Selain aplikasi Malang Kab UKM, ada beberapa aplikasi lain yang sedang disiapkan Diskominfo dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya aplikasi penanganan situasi emergency.

"Melalui aplikasi itu nanti, masyarakat dapat melaporkan beragam kejadian. Diantaranya kecelakaan, kejadian bencana alam, kebakaran, dan macet. Tapi ya itu, warga dapat melapor setelah mengunduh aplikasi tersebut, dan memiliki akun," tambahnya.

Dia menyebutkan, aplikasi yang dibuat itu nanti diintegrasikan dengan google play store. Dengan begitu, dia yakin, masyarakat dapat mengunduh dengan mudah.

Ferry juga mengatakan, pengembangan aplikasi yang dilakukan saat ini, tak lain untuk meningkatkan pelayanan di command center milik Diskominfo.Dia pun berharap, melalui aplikasi yang ada ini, masyarakat pun dengan mudah untuk mendapatkan informasi.

"Semua aplikasi itu sedang dibuat, dan tahapnya penyelesaian. Harapannya akhir Agustus nanti selesai, sehingga September sudah bisa dilaunching," urainya. Dia menyebutkan, saat launching nanti juga akan mengundang perwakilan UMKM di Kabupaten Malang.(ira/Malangpostonline.com)

Editor : ira
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU