Bersih Dusun, Warga Bladoh Gelar Wayang Kulit

  • 14-08-2019 / 20:51 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Bersih Dusun, Warga Bladoh Gelar Wayang Kulit GUNUNGAN: Plt Bupati Malang H M Sanusi menyerahkan gunungan wayang kulit kepada Ki Dalang Sabar Santoso.

MALANGPOSTONLINE.COM - Warga Dusun Bladoh, Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, menggelar pertunjukkan wayang kulit. Kegiatan yang digelar Selasa (13/8) di Balai Dusun Bladoh, merupakan puncak kegiatan Bersih Dusun yang ke-160.

Pertunjukkan wayang dihadiri oleh Plt Bupati Malang, H M Sanusi. Dalam sambutannya, Sanusi mengatakan jika bersih dusun bukan sekadar kegiatan sermonial. Namun ada makna di dalamnya, yaitu panjatan rasa syukur. Kegiatan ini sekaligus sebagai perekat tali silahturahmi warga.

"Disini terlihat betul kebersamaan warga. Kebersamaan ini tidak boleh luntur, karena melalui kebersamaan ini pembangunan dapat berjalan sesuai rencana," katanya pada Malangpostonline.com.

Bukan itu saja, Sanusi juga memberikan apresiasi kepada warga Dusun Bladoh, yang sudah menggelar kegiatan bersih dusun. Menurut dia kegiatan ini bagian dari uri-uri budaya dan adat istiadat peninggalan para leluhur.

"Dengan kegiatan ini, kami berharap masyarakat yang sejahtera dan diberikan kesehatan semuanya. Dibalik acara ini pasti banyak sedekah dari warga Desa Bladoh. Sedekah merupakan amal yang bisa menjauhkan dari balak dan marabahaya," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sanusi menyampaikan sejumlah program pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang. Utamanya, terkait strategi umum mengentaskan kemiskinan, menguatkan daya dukungan lingkungan hidup, dan menguatkan potensi pariwisata.

Selain tiga strategi pembangunan, Sanusi menyebutkan lima bidang prioritas yang saat ini ditekankan pemerintah Kabupaten Malang. pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perumahan dan pemukiman keamanan dan ketertiban.

Tidak hanya itu, Sanusi mengajak warga Dusun Bladoh, untuk bersama-sama menciptakan inovasi, untuk pembangunan. Dengan inovasi yang diciptakan, maka kesejahteraan masyarakat dapat semakin meningkat.

Sementara pagelaran wayang kulit mengusung judul Pandawa Syukur, dengan dalang Ki Dalang Sabar Suroso dari Blitar. Pertunjukan wayang kulit dimulai setelah Sanusi menyerahkan gunungan wayang kepada Ki Dalang Sabar Santoso.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dusun Bladoh, Martono, Kepala Desa Karangrejo, Sutaji dan Camat Kromengan, Joenico Dacosta serta jajaran Muspika Kromengan. Kegiatan ini disambut baik oleh warga. Mereka berbondong-bondong melihat pagelaran wayang kulit. (ira/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : ira

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU