Uklam-Uklam Heritage Kayutangan

Pengunjung Kenakan Pakaian Jadul Malangan Bakal Dapat Hadiah

  • 14-08-2019 / 21:02 WIB
  • Kategori:Malang
Pengunjung Kenakan Pakaian Jadul Malangan Bakal Dapat Hadiah ZAMAN DULU: Kayutangan zaman dulu dengan masa peradabannya.

MALANGPOSTONLINE.COM - Event Uklam-Uklam Heritage Kayutangan (UUHK) yang akan diselenggarakan akhir Agustus mendatang akan memberikan event yang cukup menarik. Warga yang datang nantinya diharapkan mengenakan kostum Malangan pada event tersebut. Panitia akan memberikan hadiah kepada pengunjung yang mengenakan kostum paling menarik.

Panitia Uklam-Uklam Heritage, Tjandra Purnama Edi menjelaskan, hal ini sebenarnya bukanlah lomba busana zaman dulu, tetapi memiliki makna lebih penting.

“Dalam rangka menaikan animo pengunjung dan menyemarakkan Uklam-Uklam Heritage Kayutangan, maka dibuatlah konsep tersebut. Saat acara nanti tim akan mengambil foto mereka yang berpenampilan paling unik dan diberikan hadiah,” tegas Tjandra saat dihubungi Malangpostonline.com.

Dikatakannya, setiap masyarakat yang datang boleh ikut gabung dan ikut menyemarakan UUHK dengan caranya sendiri. Meski begitu, terdapat hal yang juga perlu diperhatikan dalam mengenakan busana jadul.

Salah satu anggota Malang Raya Heritage, Budi Fathoni menambahkan, esensi dari busana jadul Malangan harus benar-benar menampilkan khas Malang pada zaman Kayutangan pada aktivitas peradabannya.

“Kayutangan dulu kan pusatnya Kota Malang. Aktivitas dagang, ekonomi, pemerintahan disana. Jadi disana benar-benar ada kegiatan kota pada zaman kolonial. Jadi busananya ya yang seperti kita tahu dulu,” tegasnya.

Maksud Budi adalah busana pada zaman tersebut menampilkan lelaki mengenakan sarung hingga peci dengan sederhana. Sementara yang perempuan memakai kain jarik. Sederhana seperti dulu. Hal ini dikatakannya untuk menekankan esensi Kayutangan sebagai pusat kota saat itu.

Ketika masyarakat mengetahui busana pada zaman itu, maka diharapkan hadir dengan mengenakan busana seperti yang sejarah munculkan.

“Ya jangan yang berlebihan, mungkin pakai baju adat daerah lain begitu,” ungkapya.

Uklam-Uklam Heritage akan diselenggarakan pada 30 sampai 31 Agustus 2019 mendatang. Terdapat berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan seperti pemutaran piringan hitam, musik jalanan, pameran barang kuno dan banyak lainnya. (ica/aim/Malangpostonline.com)

  • Editor : aim
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI