Delapan Bahan Herbal Penghilang Nyeri Termasuk untuk Kanker

  • 18-08-2019 / 14:29 WIB
  • Kategori:lifestyle
Delapan Bahan Herbal Penghilang Nyeri Termasuk untuk Kanker Ilustrasi

MALANGPOSTONLINE.COM - Rasa nyeri adalah kondisi paling umum yang dialami pasien kanker. Rasa nyeri yang timbul karena kanker bisa berbeda tergantung kondisi pasien. Selain pengobatan medis, nyeri pada kanker bisa didampingi pengobatan herbal.

Dilansir dari Jawa Pos, Minggu (18/8), penyebab nyeri pada pasien kanker sebagian besar disebabkan oleh tumor yang menekan tulang, saraf atau organ lain di dalam tubuh. Terkadang rasa sakit disebabkan oleh perawatan kanker itu sendiri.

Misalnya, beberapa obat kemoterapi yang dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki. Atau dapat menyebabkan sensasi terbakar di tubuh bekas suntikan obat. Radioterapi misalnya dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi kulit.

Nyeri kanker bisa dibedakan menjadi nyeri akut atau kronis. Nyeri akut disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh cedera dan cenderung hanya berlangsung singkat. Seperti menjalani operasi dapat menyebabkan nyeri akut. Rasa sakitnya hilang saat lukanya sembuh. Sementara itu, obat penghilang rasa sakit biasanya akan membuatnya terkendali.

Nyeri kronis disebabkan oleh perubahan pada saraf. Perubahan saraf mungkin karena kanker menekan saraf atau karena bahan kimia yang diproduksi oleh tumor. Ini juga dapat disebabkan oleh perubahan saraf karena perawatan kanker.

Rasa nyeri ini atau dikenal juga sebagai nyeri persisten, berlanjut lama setelah cedera atau perawatan berakhir dan dapat berkisar dari ringan hingga parah. Terkadang rasa sakit bisa datang dengan cepat, misalnya ketika mengganti pakaian atau bergerak. Jenis nyeri ini disebut insiden nyeri.

Ilustrasi pengobatan herbal untuk kanker. (Medium)

Lalu bagaimana dengan obat herbal guna menghilangkan nyeri pada pasien kanker?

Meski banyak bahan herbal yang mengandung antioksidan, ternyata masih dibutuhkan penelitian yang cukup untuk mencegah kanker. “Dengan rutin mengonsumsi obat herbal, belum ada studi yang memang valid terkait hal pencegahan dengan herbal ini,” tegas Internis, Konsultan Hematologi dan Onkologi RS Kanker Dharmais Jakarta dr. Ronald A. Hukom kepada JawaPos.com, baru-baru ini.

Tapi diakui dr. Ronald, memang ada berbagai macam obat herbal yang dikenal sebagai penghilang nyeri. Meskipun tidak semua cocok untuk nyeri pada pasien kanker.

1. Jahe

Makan jahe dapat mempercepat pemulihan dan mengurangi peradangan. Jahe atau Zingiber officinale, adalah jenis akar yang bisa dipertimbangkan sebagai penghilang rasa sakit alami.

2. Kunyit

Curcuma, bahan aktif dalam rempah kunyit, memiliki efek penghilang rasa sakit. Sebuah studi skala kecil (tahun 2014) menemukan bahwa ekstrak curcuma sama efektifnya dengan ibuprofen untuk manajemen nyeri sendi. Kunyit juga merupakan obat herbal umum untuk mengurangi peradangan. Untuk memasukkan kunyit dalam bentuk alami dalam makanan, bisa dengan menambahkannya dalam kari atau jus.

3. Minyak Lavender

Menghirup minyak lavender dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan kecemasan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak lavender memiliki efek menghilangkan rasa sakit, anti-inflamasi, dan antioksidan pada hewan.

4. Minyak Rosemary

Rosemary adalah minyak esensial lain yang dapat menghilangkan rasa sakit. Beberapa peneliti menyatakan bahwa tanaman rosemary dapat membantu mengobati sakit kepala, nyeri otot dan tulang, serta kejang. Rosemary juga dapat mengurangi peradangan, mengendurkan otot polos, dan meningkatkan daya ingat.

5. Peppermint

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman peppermint memiliki efek anti-inflamasi, antimikroba, dan menghilangkan rasa sakit. Senyawa aktif dalam minyak peppermint termasuk carvacrol, menthol, dan limonene.

6. Minyak Atsiri Kayu Putih

Obat herbal ini dari tanaman Eucalyptus dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada tubuh.

7. Cengkeh

Banyak yang secara tradisional menggunakan cengkeh, dari tanaman Eugenia caryophyllata, sebagai obat rumahan untuk menghilangkan rasa sakit akibat sakit gigi. Para peneliti juga percaya bahwa cengkeh dapat memiliki aktivitas antioksidan, antiinflamasi, antijamur, dan antivirus.

8. Capsaicin

Orang juga menggunakan capsaicin, ada di dalam cabai, untuk menghilangkan rasa sakit alami. Zat ini dapat menyebabkan sensasi terbakar ringan atau kesemutan ketika seseorang menerapkannya secara topikal (salep). (jpc/Malangpostonline.com)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan
  • Penulis : JPC
  • Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI