trial_mode: on

Tak Memenuhi Syarat, Dua Desa Terancam Pilkades Tahun 2020

  • 19-08-2019 / 13:27 WIB
  • Kategori:Batu
Tak Memenuhi Syarat, Dua Desa Terancam Pilkades Tahun 2020 Kasubag Pemerintahan Desa, Bag Pemerintahan Kota Batu, Abdul Salam

MALANGPOSTONLINE.COM - Proses pendaftaran bakal calon tahap dua Pilkades serentak 11 desa di Kota Batu sedang berlangsung. Hingga Senin (19/8) ini ada dua desa masuk pendaftaran tahap kedua.Dua desa tersebut Sumberjo, Kecamatan Batu dan Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Hal itu diungkapkan  Kasubag Pemerintahan Desa Bag Pemerintahan Kota Batu, Abdul Salam. "Dua desa membuka pendataran tahap dua 9-28 Agustus. Pada tahap pertama, dua desa tersebut, bakal calon tidak memenuhi persyaratan," ujar Salam kepada Malangpostonline.com Senin (19/8) siang.

Ia menjelaskan, Desa Sumberejo tersebut tidak memenuhi persyaratan karena empat bakal calon yang mengambil formulir tidak lolos verifikasi. Sedangkan untuk Desa Gunungsari hanya ada satu bakal calon yang mendaftar. 

"Jika nanti hingga 28 Agustus tidak ada bakal calon yang mendaftar, maka sesuai aturan dua desa tersebut akan ditunda atau ikut Pilkades tahap selanjutnya tahun 2020," bebernya.

Dengan begitu, lanjut dia, kekosongan Kepala Desa akan diisi oleh Pj Kepala Desa. Menurutnya, dengan diisi oleh Pj sistem Pemerintahan Desa tidak akan maksimal.

Sementara itu, Ketua Pilkades Desa Sumberejo, Totok P. mengatakan, pendafataran tahap pertama, ada lima calon yang mengambil formulir. Namun dari lima pendaftar tersebut tidak lolos verifikasi.

"Tahap pertama kemarin ada lima bakal calon yang ambil formulir. Namun yang mengembalikan hanya empat orang dan semua berkas kurang. Sehingga kami harus masuk pendaftaran tahap kedua," bebernya.

Memasuki pendataran tahap dua ini, lanjut dia, satu pendaftar baru  mengambil formulir. Pendaftar tersebut atas nama Gagas yang merupakan warga Desa Sumberejo. (eri/feb/Malangpostonline.com)

  • Editor : feb
  • Uploader : irawan
  • Penulis : eri
  • Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI