trial_mode: on

QRIS UNGGUL, Satu Barcode untuk Semua Platform

  • 19-08-2019 / 14:16 WIB
  • Kategori:Malang
QRIS UNGGUL, Satu Barcode untuk Semua Platform Kepala KPw BI Malang, Azka Subhan menunjukkan cara kerja transaksi menggunakan QRIS yang mudah, efisien dan aman/caption

MALANGPOSTONLINE.COM - Sejak diperkenalkan bertepatan dengan HUT Ke-74 RI lalu oleh Bank Indonesia, QRIS UNGGUL saat ini tengah dalam proses pengenalan kepada masyarakat Malang dan sekitarnya yang dimulai pada Senin (19/8) hari ini. QRIS memberikan jaminan keamanan dan kemudahan bagi pengguna bahkan dirancang dengan berstandar nasional.

Kemudahan yang didapatkan melalui QRIS yakni satu QR bisa digunakan untuk semua platform digital seperti OVO, Dana, GoPay, dan lain sebagainya. Semangat yang diusung oleh inovasi asli Indonesia ini adalah Universal, Gampang, Untung dan Langsung atau jika disingkat UNGGUL.

"Bank Indonesia membuat standarisasi platform yang bisa dipakai oleh semua vendor tanpa harus scan banyak QR. Kalau kita lihat OVO dan GoPay barcode sendiri-sendiri, nantinya dengan QRIS ini bisa menjadi satu QR saja," ujar Kepala KPw BI Malang, Azka Subhan kepada Malangpostonline.com.

Ke depan QRIS bisa menggantikan fungsi EDC maupun ATM. Dari segi keamanan masyarakat tidak perlu khawatir lantaran inovasi ini disusun dengan menggunakan standar internasional EMV Co yang mendukung interkoneksi lebih baik serta bersifat open source. 

Saat ini QRIS masih dalam tahap pengenalan kepada masyarakat, juga masa transasi hingga launching resmi pada 1 Januari 2020 mendatang. QRIS ditargetkan akan lebih mudah dan efisien untuk transaksi segala kebutuhan masyarakat.

"QRIS baru diluncurkan Sabtu (17/8) lalu dan saat ini merchant masih menggunakan barcode masing-masing, bertahap hingga Januari 2020 nantinya barcode merchant harus menggunakan QRIS. Ini kami masih sosialisasi pelan-pelan," terang Azka.

Keunggulan lainnya QRIS adalah tidak adanya biaya tambahan bagi konsumen saat melakukan pembayaran. 

Dengan QRIS juga lebih aman lantaran disertai dengan pin sebelum bertransaksi dan pengguna harus memastikan kesesuaian merchant. QRIS juga lebih murah biaya transaksinya, misalnya merchant reguler baik untuk MDR on us dan off us biaya yang diberikan sebesar 0,7 persen dari transaksi. (lin/lim/Malangpostonline.com)

  • Editor : lim
  • Uploader : irawan
  • Penulis : lin
  • Fotografer : lin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI