trial_mode: on

Keliling Sekolah, Arbanat String Ansamble Ajak Siswa Menyanyikan Lagu Nasional dan Daerah

  • 19-08-2019 / 14:35 WIB
  • Kategori:Malang
Keliling Sekolah, Arbanat String Ansamble Ajak Siswa Menyanyikan Lagu Nasional dan Daerah

MALANGPOSTONLINE.COM - Masih dalam suasana hari kemerdekaan, Arbanat String Ansamble berkeliling ke beberapa Sekolah Dasar (SD). Mereka mengajak para siswa bernyanyi lagu nasional dan lagu dolanan.

 Senin (19/8), kunjungan pertama di SD Aisyiyah Kota Malang. Mereka melantunkan beberapa lagu daerah, seperti Janger, Kambanglah Bungo dan masih banyak lagi. Dengan antusias, murid-murid ikut bernyanyi dan berjoget mengikuti irama lagu.

Penggagas Arbanat String Ansamble, Sugiarto mengungkapkan, roadshow tersebut merupakan kegiatan tahunan untuk memeriahkan momen kemerdekaan. Melalui program bertajuk cinta tanah air, mereka membidik siswa SD untuk menjadi sasarannya. "Kami ingin memberikan materi cinta kebangsaan yang bisa diingat oleh anak-anak. Yakni dengan menyanyikan lagu nasional, lagu daerah dan lagu dolanan," terang dia.

Pria yang akrab disapa Ugik itu menguraikan, selain SD Aisyiyah, mereka juga akan mengunjungi dua sekolah lain, yakni SD Sunan Giri Tumpang dan SDN Polowijen 3. Arbanat String Ansamble sudah mempersiapkan beberapa aransemen lagu agar lebih mudah didengar dan dihafalkan. "Mudah-mudahan, dengan cara ini, anak-anak lebih banyak mengenal lagu daerah dan dolanan. Lagu-lagu ini juga tidak kalah keren dengan lagu-lagu yang sebenarnya bukan untuk konsumsi mereka," jelas pria yang juga guru paduan suara itu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Aisyiyah Kota Malang, Wage Munawar memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Sebab, kegiatan tersebut mendukung salah satu visi misi sekolah yang menjunjung tinggi semangat patriotisme. "Mudah-mudahan kegiatan ini terus terjalin. Agar anak-anak memiliki jiwa cinta tanah air dan mengenal budaya asli Indonesia," jelas dia.

Menurutnya, kegiatan tersebut mampu menarik perhatian dan antusias siswa kelas I hingga kelas VI. "Jumlah total siswa yang ikut kegiatan ini berjumlah 171 orang. Anak-anak sangat antusias dan bersemangat untuk mengenal wawasan kebangsaan melalui lagu daerah ," tandas dia.(tea/aim/Malangpostonline.com)

  • Editor : aim
  • Uploader : irawan
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI