trial_mode: on

Lapak Relokasi Pasar Sukun Mulai Dibangun

  • 19-08-2019 / 18:19 WIB
  • Kategori:Malang
Lapak Relokasi Pasar Sukun Mulai Dibangun

MALANGPOSTONLINE.COM - Revitalisasii terhadap pasar tradisional kembali dilakukan. Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang mulai menyiapkan lapak relokasi sementara untuk pedagang Pasar Sukun. Pekan depan, bangunan sementara tersebut sudah selesai. Sehingga, para pedagang bisa memindahkan barang dagangannya dan berjualan sementara di lapak relokasi yang terletak di depan Pasar Sukun itu.

“Saat ini, kami sedang membangun lapak relokasi. Direncanakan, minggu ini akan kami selesaikan. Sehingga, minggu depan sudah mulai relokasi pedagang,” terang Kepala Disdag Kota Malang, Wahyu Setianto ketika ditemui Malangpostonline.com, Senin (19/8).

Setelah lapak relokasi selesai, para pedagang yang berjumlah 110 orang itu akan langsung menempati lapak sementara untuk berjualan. Sementara, pembangunan Pasar Sukun akan dilakukan pada pertengahan bulan September 2019 mendatang. “Dalam minggun ini, baru ada pengumuman pemenang lelang. Kami masih menunggu itu,” kata dia.

Untuk revitalisasi Pasar Sukun, lanjut dia membutuhkan anggaran sebesar Rp 6 miliar yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Selain Pasar Sukun, ada dua pasar lain yang saat ini sedang dalam tahap revitalisasi, yakni Pasar Mergan dan Pasar Sawojajar. “Psar Mergan dan Pasar Sawojajar saat ini sudah mulai dibangun. Untuk Pasar Sawojajar menggunakan anggaran Rp 3,5 miliar dari APBD. Sedangkan Pasar Mergan menggunakan anggaran Rp 2,4 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” papar dia.

Pada kesempatan tersebut, Wahyu menambahkan, seteleh revitalisasi pasar tersebut selesai, Disgdag akan melakukan revitalisasi terhadap enam pasar pada tahun 2020. Enam pasar tersebut diantaranya, Pasar Tawangmangu, Pasar Madyopuro, Pasar Embong Brantas, Pasar Lesanpuro, Pasar Kedungkandang dan Pasar Kotalama. "Saat ini kami lakukan Detail Engineering Design (DED). Kemudian, baru dibuatkan kisaran anggaran baru kami ajukan ke pusat," tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

  • Editor : tea
  • Uploader : slatem
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI