Promosikan Batik Malangan Lewat Festival Batik Ngalam

  • 19-08-2019 / 18:49 WIB
  • Kategori:Malang
Promosikan Batik Malangan Lewat Festival Batik Ngalam

MALANGPOSTONLINE.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang kembali menggelar event untuk menarik geliat wisatawan. Pada tanggal 26-27 Agustus mendatang, mereka menggelar Festival Batik Ngalam 2019 yang dilaksanakan di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ). Diprediksi, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh masyarakat dari Jawa Timur.

Kabid Ekonomi Kreatif (Ekraf) Disbudpar Kota Malang, Heri Sunarko mengungkapkan, dalam acara tersebut, pihaknya akan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberikan kontribusi. "Mulau dari pihak kelurahan, komunitas batik Malang Raya hingga perwakilan dari Kota/Kabupaten se-Jawa Timur akan kami libatkan di acara ini. Saat ini, persiapan sudah mencapai 80 persen," terang dia ketika dikonfirmasi Malangpostonline.com, Senin (19/8) kemarin.

Pria berkacamata tersebut menjelaskan, acara tersebut akan dimeriahkan dengan workshop serta fashion show yang mengangkat tema batik. "Selain itu, juga ada pameran batik. Setidaknya, ada 52 stand sudah kami siapkan," papar Heri.

Dijelaskannya, acara tersebut juga akan menggelar empat kegiatan edukasi batik bagi para pelajar. Sehingga, mereka bisa mempelajari ilmu dan teknik membatik sejak usia dini. "Materi edukasinya adalah Shibori, Ecoprint, membuat canting cap dari kertas, cara membuat malam hingga brush batik. Kami sudah menyiapkan pelatih profesional," kata dia.

Selain itu, acara tersebut juga akan dimeriahkan oleh festival dan pameran seni lukis yang diikuti oleh 100 pelajar terpilih. "Serta, ada kegiatan melukis bersama dengan empat pelukis beda aliran dalam satu tema lukisan," ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, ia berharap, anak-anak muda bisa lebih mencintai batik sebagai warisan budaya. Sekaligus, memberikan kesempatan bagi para pengrajin batik khas Malangan untuk mempromosikan dan mengenal batik khas Malangan lebih luas.

"Kami juga berharap, terjadi perputaran ekonomi sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang," tegasnya.

Sekaligus, tambah dia, juga bisa menambah jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Malang. Tahun ini, wisatawan yang datang ditargetkan naik 10 persen dari tahun lalu yang berjumlah 15 ribu wisatawan. "Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini juga bisa menarik minat wisatawan untuk menikmati sajian budaya dan seni yang kami gelar," tandas dia.(tea/aim/Malangpostonline.com)

  • Editor : aim
  • Uploader : slatem
  • Penulis : ica
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI