Pemkab Malang Dukung Pembangunan LP di Ngajum

  • 19-08-2019 / 19:02 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Pemkab Malang Dukung Pembangunan LP di Ngajum Plt Bupati Malang, H M Sanusi menyerahkan nota kerjasama kepada  Kepala LP Kelas IA Malang, Yudi Suseno.

MALANGPOSTONLINE.COM - Kelebihan kapasitas pada  dua lembaga pemasyarakatan (LP) di Malang, membuat semua pihak prihatin. Tidak terkecuali Plt Bupati Malang, H M Sanusi. Lantaran itulah, Sanusi pun mengatakan, pemerintah Kabupaten Malang siap membantu fasilitas jika LP dibangun dilwilayah Kabupaten Malang.

Kesiapan itu disampaikan Sanusi, usai menyerahkan SK Remisi kepada warga binaan, di LP Perempuan kelas IIA Malang. "Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM disebutkan semua LP mengalami over kapasitas. Oleh karena itu, kami pun setuju jika ada tambahan jumlah LP. Dan jika dibangun di Kabupaten Malang, kami siap membantu fasilitas," katanya. Hal ini dikatakan Sanusi, karena ada wacana pembangunan lembaga pemasyarakatan di wilayah Kabupaten Malang.

"LP Kelai IA Malang sudah memiliki lahan di Ngajum. Luasnya 20 hektare, rencananya ini akan dibangung LP. Maka dari itu, jika memang pembangunan dilaksanakan, kami pun siap memberikan support berupa fasilitas," katanya.

Sanusi memang tidak menyebutkan jenis fasilitas yang akan diberikan. Tapi dia kembali menekankan, siap membantu jika LP di bangun di wilayah Kabupaten Malang.

Dijelaskan oleh Sanusi, bahwa warga binaan di LP memiliki hak hidup layak. Sekalipun berada dalam tahanan, hak-hak mereka sebagai manusia wajib dipenuhi.

"Seperti disini (LP Perempuan Kelas IA Malang). Tadi Kalapas menyebutkan kondisinya overload. Kondisi ini kan tidak membuat nyaman para penghuni disini. Termasuk pengawasannya, pasti jauh lebih sulit," tambah Sanusi. Sehinnga, dia pun setuju dibangun Lapas baru.

Sementara itu, Kalapas Perempuan Kelas IIA Malangn Ika Yusanti, membenarkan LP yang dipimpinnya ini mengalami over kapasitas. Kepada wartawan Ika Mengatakan kapasitas di LP Perempuan Kelas IA Malang adalah 164 orang. Namun faktanya saat ini jumlah penghuni LP ini mencapai 656 warga binaan.

Ditanya tentang wacana pembangunan LP baru di wilayah Malang Raya, Ika pun mengaku sangat setuju. Namun. Demikian, untuk pembangunan LP baru, bukan kewenangan dirinya untuk menjawab. Alias dari pusat.

"Penghuni kami sampai tanggla 17 Agustus lalu 565. Padahal kapaditas kami hanya 164. Lantaran itu kami pun berusaha keras, agar para penghuni atau. Warga binaan kami merasa nyaman," ungkapnya.

Ditanya lahan di Ngajum, Kabupaten Malang? Ika pun tidak mengelak. Tapi demikian, lahan tersebut adalah milik LP Kelas IA Malang, yang rencananya dibangun LP Asimilasi.

"kalau membangun LP itu kan tidak serta merja. Ada prosedur yang harus dijalankan. Tapi demikian, apapun, kami sangat mengapresiasi jika Pemkab Malang memberikan dukungan," tandasnya.(ira/Malangpostonline.com)

Editor : ira
Uploader : slatem
Penulis : ira
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU