KPK Beri Sosialisasi Gratifikasi Kepada ASN Pemkot Malang

  • 21-08-2019 / 13:02 WIB
  • Kategori:Malang
KPK Beri Sosialisasi Gratifikasi Kepada ASN Pemkot Malang

MALANGPOSTONLINE.COM - Sebagai salah satu upaya pencegahan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan sosialisasi di Kota Malang, Rabu (21/8). Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang melakukan pelayanan dan berhubungan langsung dengan masyarakat.

Grup Head Program Pengendalian Gratifikasi KPK, Yuli Kamalia mengungkapkan, kegiatan tersebut digelar sebagai salah satu langkah antisipasi pemberian hadiah atau gratifikasi kepada ASN yang berhubungan langsung dengan masyarakat. "Seperti pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpasu Satu Pintu (DPMPTSP), kelurahan, kecamatan dan lainnya merupakan tempat-tempat yang rawan untuk pemberian hadiah," terang dia.

Menurutnya, potensi gratifikasi di lingkup kerja ASN sangat rentan terjadi. Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi ke berbagai daerah sebagai salah satu bentuk pengingat. "Sebab, gratifikasi dampaknya sangat besar. Bisa menjadi suap hingga menimbulkan korupsi yang lainnya. Untuk itu, kami gaungkan terus gerakan anti pemberian hadiah," papar dia.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Malang, Sutiaji menambahkan, kegiafan sosialisasi tersbut sekaligus menunjukkan bukti kesungguhan komitmen Pemkot Malang untuk meningkatkan integritas ASN dalam melaksanakan tugasnya. "Serta, memberikan wawasan untuk menghindari gratifikasi dalam bentuk apapun. Kita bangun komitmen anti korupsi dan pelayanan bebas gratifikasi di lingkup Pemkot Malang," jelas dia.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan kembali kepada para ASN untuk melakuka  pekerjaan sesuai dengan aturan yang berlaku. Agar tidak menghambat pelayanan kepada masyarakat. "Jadi, tidak hanya literasi saja, tapi harus diimplementasikan juga," kata dia.

Apalagi, dalam waktu dekat, Pemkot Malang akan menggencarkan pelayanan berbasis digital. Sehingga, pelayanan akan jauh lebih mudah dan cepat. "Tahun ini, sudah mulai kami lakukan. Untuk itu, harus digencarkan gerakan bersih melayani demi kemajuan Kota Malang," tandas dia.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : tea

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU