trial_mode: on

Resmikan Teh Kelor Khas Wisata Jurang Toleh

  • 22-08-2019 / 12:09 WIB
  • Kategori:Kampus
Resmikan Teh Kelor Khas Wisata Jurang Toleh KA. LPPM Unmer Malang Andy Poerwanto Sujatmiko, S.H., M.H. resmikan Teh Celup Daun Kelor kepada Masyarakat Desa Jatiguwi.

MALANGPOSTONLINE.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 06 Universitas Merdeka (Unmer) Malang terlibat aktif dalam optimalisasi wisata di Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Tema dari kegiatan KKN ini adalah "Unmer Membangun Desa" yang telah dilaksanakan sejak,  (21/7) lalu hingga saat ini.

Pemberdayaan masyarakat yang direalisasikan oleh KKN 06 Unmer Malang dan didampingi oleh Dosen Sri Widayati, S.Pd.,M.Si. dalam bentuk membangun sektor pariwisata di Desa Jatiguwi. Mengingat potensi wisata alam yang bisa disajikan sangat indah. Wisata alam tersebut lebih dikenal dengan sebutan Jurang Toleh. 

Ketua KKN 06 Unmer Malang Richo Duwi Andriansah menyampaikan, jurang Toleh merupakan wisata alam yang menyuguhkan keindahan waduk Karangkates. Hal ini terlihat pemandangan danau yang bisa dinikmati melalui taman bunga. Bahkan Jurang Toleh tidak hanya menawarkan keindahan alam saja,  tapi juga sebagai taman edukasi yang memberikan banyak pengetahuan melalui poster edukasi yang dipasang di taman.

 

Mahasiswa KKN 06 Unmer Malang foto bersama di spot foto Jurang Toleh.

 

“Oleh karena itu digelar kegiatan memberdayakan wisata Jurang Toleh agar bisa lebih dikenal masyarakat luas. Dengan adanya penambahan spot foto, pembaruan taman, penanaman pohon kelor yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN 06 Unmer Malang diharapkan bisa menarik wisatawan,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Richo kepada Malang Post.

Selain memiliki potensi wisata alam, Desa Jatiguwi juga memiliki kuliner khas yaitu Teh Celup Daun Kelor dan Mujair Pedas (Kotokan Mujair) yang akan menjadi khas kuliner Wisata Jurang Toleh. Teh celup daun kelor mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Sehingga  KKN 06 Unmer membantu untuk memperkenalkan produk Teh Celup Daun Kelor ini kepada masyarakat luas dengan menggunakan strategi pemasaran.

“Kami melakukan pembaruan terhadap teh celup daun kelor yang dulunya sudah ada (tapi masih berbentuk teh tubruk) dengan menambahkan variasi rasa yang bermacam macam seperti Teh Celup Daun Kelor rasa jahe, kayu manis, dan original,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Teh Celup Daun Kelor ini diresmikan oleh KA. LPPM Unmer Malang yang diwakili oleh Andy Poerwanto Sujatmiko, S.H., M.H. sebagai produk unggulan Dusun Jatimulyo.

“Tentunya dengan pembaharuan Teh Celup Daun Kelor saya berharap agar ini bisa dipasarkan di luar Desa Jatiguwi dan bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas,” pungkas Andi.

Banyak kegiatan sebelumnya yang di adakan oleh KKN 06 Unmer di Desa Jatiguwi. Kegiatan meliputi Sosialisi tentang Alzheimer, Perbaikan tempat wisata Jurang Toleh, Pendataan keluarga pra-sejahtera yang datanya diserahkan ke kementerian Desa, Dekorasi Taman Posyandu, pengecatan Sanggar Tari Madyo Laras, BimBel (Bimbingan Belajar) untuk anak-anak, PerSaMi di SD Negeri 5 Jatiguwi, lomba 17 Agustus, Gebyar Budaya dan Lomba Balita.

Kegiatan KKN ini tentunya bukan hanya fokus pada pengembangan Jurang Toleh. Akan tetapi juga mengembangkan potensi budaya yang ada di Dusun Jatimulyo, hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan Gebyar Budaya yang bertemakan “Tradisonal dalam Harmoni Kemerdekaan” yang dilakukan Mahasiswa KKN 06 bersama dengan Muda Mudi Bonklopo (M2B). Dalam kegiatan ini banyak penampilan dari warga sekitar yang berkaitan dengan budaya asli Dusun Jatimulyo. Salah satunya adalah Tari Topeng dari Sanggar Tari Madya Laras , dan masih banyak tarian tradisional lainnya. (mp4/oci/Malangpostonline.com)

  • Editor : oci
  • Uploader : irawan
  • Penulis : Agiem
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI