Serunya Camping di Taman Dayu Pines Campground

  • 30-06-2018 / 11:14 WIB
Serunya Camping di Taman Dayu Pines Campground SANTAI: Wisatawan mancanegara menikmati Camp ground dengan hammock (Ist)

LAHAN luas nan hijau sejauh mata memandang. Tentunya menjadi pemandanan yang diinginkan untuk melepas penat dan lelah dengan rutinitas pekerjaan. Apalagi jika dapat menghabiskan beberapa malam sambil camping dan menikmati permainan alam.

Semuanya ini bisa didapat di salah satu bumi perkemahan yang berada dekat dengan metropolis seperti Surabaya dan Malang. Ya, itu adalah Bumi Perkemahan Taman Dayu, Pandaan, yang biasa disebut Taman Dayu Pines.

Spot wisata yang tidak jauh dengan pusat Kota Surabaya dan Kota Malang ini sangat pas dijadikan tempat berlabuh untuk liburan ala alam. Pasalnya bumi perkemahan ini menyediakan fasilitas camping yang sudah tersedia. Sehingga tidak perlu repot-repot membawa tenda ataupun peralatan amping ground lainnya.

Lokasi Taman Dayu Pines jaraknya kurang lebih 7 Kilometer  dari pintu masuk perumahan Taman Dayu. Jika berangkat dari Kota Surabaya arahnya menuju ke Malang. Jika berangkat dari Kota Malang maka arah lokasi menuju Kota Surabaya.  Lokasi tepatnya berada sebelah kanan jalan dan sangat mudah untuk akses masuk.

Segera setelah memasuki area perumahan, pengunjung akan melihat banyak tanda arah menuju Taman Dayu Pines Campground. Bumi perkemahan Taman Dayu ini sendiri memiliki luas sekitar 600 ha dan terintegrasi dengan kawasan perumahan, villa, pertokoan, mall dan kawasan rekreasi untuk keluarga lainnya.

 

The Pines Campground

Memasuki area bumi perkemahan, The Pines Campground, pengunjung dapat langsung memilih tenda yang sudah terbangun. Satu tenda normalnya diisi 6 orang. Per satu tenda hanya dikenakan biaya Rp 150 ribu. Jangan khawatir dengan tendanya, karena kualitas tenda sangat baik, tidak cacat dan kuat serta nyaman karena sudah dilengkapi dengan alas.

Jika pengunjung ingin membawa sleeping bag sendiri diperkenankan. Tetapi sepertinya tidak begitu diperlukan karena hawa di kawasan camp ground tidak terlalu dingin. Akan tetapi perlu saja mempersiapkan jaket atau perlengkapan tidur yang hangat karena di pagi dini hari biasanya hawa di kawasan ini menurun.

Selain mendapatkan fasilitas tenda, pengunjung pun tidak perlu khawatir dengan fasilitas seperti kamar mandi atau tempat salat. Pasalnya semua fasilitas ini tersedia tidak begitu jauh dengan areal campground.

Terdapat sekitar 5 sampai 7 kamar mandi yang tersedia. Di dekatnya pula ada Mushalla yang juga ditelengkapi dengan tempat wudhu. Semua bersih dan terawat.

 

Tidak Hanya Areal Camping Saja

The Pines Camp Ground Taman Dayu tidak hanya dapat dijadikan tempat camping saja. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan tempat acara gathering kantor. Pasalnya tidak jauh dari areal perkemahan terdapat sebuah hall yang berada di tengah hutan pinus.

Hall ini kerap menjadi tempat banyak orang melakukan gathering. Tidak hanya orang pekerja, anak-anak sekolah yang mengadakan acara camping pun memakai hall tersebut ketika ada kegiatan yang membutuhkan pertemuan.

Maka dari itu areal perkemahan Taman Dayu ini sering menjadi tempat organisasi, kantor ataupun komunitas untuk melakukan acara musyawarah anggota. Karena selain dapat mengakrabkan diri dengan tidur di tenda, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan serius di sela-selanya.

Benar saja, karena selain areal perkemahan dan hall untuk meeting Taman Dayu Camp Ground juga punya beberapa fasilitas lain yang tak kalah menarik. Terdapat fasilitas pendopo untuk pengunjung sekedar istirahat atau jagonga. Untuk seru-seru an pun juga bisa. Terdapat fasilitas outbond seperti Paint Ball dan Flying Fox.  Selain itu juga terdapat fasilitas lain seperti Rumah Pohon dan Rumah Kayu bagi yang ingin bermalam dengan sensasi rumah alam disana.

 

Bermain Paintball Dan Outbound

Fasilitas permainan Outbond yang paling menarik salah satunya adala Paint Ball. Aktivitas seru menguras tenaga ini bisa dinikmati dengan membayar Rp 750 ribu untuk enam orang ( 3 lawan 3). Apabila tidak ada lawan main, pengunjung bisa melakukan “tembak bebas”. Dengan membayar Rp 10 ribu sudah bisa mendapatkan lima peluru.

Tembak bebas ini adalah menembak sasaran berupa bebek dari kaleng yang telah disediakan. Selain paintball, ada pula beberapa kegiatan outbound seperti Flying Fox, Air Soft Gun, ATV dan lainnya.

 

Cuma Mau Masuk dan Foto Saja, Bisa

Sebagai kawasan wisata alam kawasan Taman Dayu Pines juga bisa menjadi destinasi wisata pilihan yang hemat budget. Karena hanya masuk saja dan sekedar menikmati alam di kawasan ini sebentar hanya dikenakan biaya parker Rp 5 ribu.

Sementara itu jika ingin menikmati fasilitas seperti Rumah Pohon, Taman Dayu dibuka sebagai tempat menginap maka jam operasionalnya pun cenderung fleksibel. Pengunjung bisa datang sewaktu-waktu.

Meski begitu, jika ingin menikmati pemandangan hutan pinus secara maksimal, sebaiknya datang pada pagi hingga sore hari selagi langit masih terang. Dengan begitu pengunjung bisa mengambil foto yang bagus dengan pencahayaan terbaik. (ica/udi)

  • Editor : bua
  • Uploader : buari

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Terbanyak Diterima dari SMAN 5

Dipha Barus Pecah, Jejak Budaya Meriah

Malang Raya Penentu Kemenangan


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->