Smart Beauty

Tari Memecahkan Masalah

  • 23-08-2019 / 00:08 WIB
  • Kategori:Malang, Batu
Tari Memecahkan Masalah Intan Putri Chandra Devi

MENGEKSPRESIKAN diri sangat penting. Caranya juga beragam. Salah satunya melalui tarian seperti yang dilakukan Intan Putri Chandra Devi. Dia bangga ketika bisa berekspresi, apalagi melalui cara yang menarik.

Ketika upacara HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus lalu di Dewan Kesenian Malang, Putri menjadi salah satu petugas pembawa bendera. Upacara ala seniman itu memang beda dari biasanya. Sebagai petugas pembawa bendera, ia berjalan diselingi menari.

“Bangga sekali. Karena saya bisa membawakan bendera, mengibarkannya sambil melakukan apa yang saya sukai yakni menari,” jelas perempuan kelahiran 1998 ini.

Kebanggaannya pada tarian Indonesia khususnya tradisional Jawa ditunjukkannya di momen kemerdekaan tersebut. Ia menampilkan gerakan Tari Putri. Tari khas Jawa yang melambangkan kelemahlembutan.

“Tari Putri memiliki gerakan lambat, mendayu dan perlahan. Menandakan bahwa segalanya dapat dilakukan dengan tidak gegabah,” beber anggota Sanggar Tari Taruna Kota Malang ini.

Putri menjelaskan sebagai penari ia pun juga memiliki ekspresi ataupun pendapat ketika memandang sesuatu. Meski kebanyakan orang memilih untuk mengutarakannya dengan berbicara di hadapan publik ia memilih menari.

Dikatakannya menari baginya adalah puncak pewujudan ekspresi apa yang dirasakan dan pikirkan. Berbagai macam tari ia pelajari gerakan dan filosofinya. Dengan menari, khususnya tari tradisional banyak pelajaran yang dapat dipetik.

Salah satunya menjadi pribadi santun, berbudaya dan juga menghargai satu sama lainnya. Putri mengungkapkan dirinya kerap menari ketika sedang gundah ataupun ingin memecahkan masalah.

“Kalau suka akan sesuatu kita seriusi. Ini bisa jadi pemecah masalah juga menjadi solusi atas apa yang kita cari. Tentu saya akan selalu belajar tarian baru atau nanti menciptakannya,” tandasnya. (ica/van) 

  • Editor : van
  • Uploader : abdi
  • Penulis : ica
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI