Berikan Wawasan Hak Kewajiban Tenaga Kerja Komdik Keuskupan Malang Gelar Workshop

  • 23-08-2019 / 18:41 WIB
  • Kategori:Malang
Berikan Wawasan Hak Kewajiban Tenaga Kerja Komdik Keuskupan Malang Gelar Workshop PEMBUKAAN: Ketua Komdik Keuskupan Malang Dr. Fr. M. Monfoort, BHK, SE., M.Pd., MM., MH.,M.AP, (tengah), membuka acara workshop Hukum Ketenagakerjaan, sore tadi.

MALANGPOSTONLINE.COM - Komisi Pendidikan (Komdik) Keuskupan Malang menggelar workshop tentang Hukum Ketenagakerjaan yang diikuti oleh seluruh lembaga Katolik. Acara tersebut dibuka oleh Dr. Fr. M. Monfoort, BHK, SE., M.Pd., MM., MH.,M.AP, selaku Ketua Komdik, Jumat (23/8) sore tadi. 

Workshop yang digelar di Rumah Retret Andreas Fey ini dihadiri oleh puluhan peserta, terdiri dari guru, suster, frater, dan para pimpinan lembaga Katolik di bawah naungan keuskupan Malang. Acara workshop diawali dengan misa pembukaan yang dipimpin oleh Rm. Sukamto, CDD, selaku Wakil Ketua Komdik Keuskupan Malang. 

Dalam kesempatan tersebut, Frater Monfoort mengungkapkan tujuan digelarnya workshop sebagai upaya memberikan pemahaman kepada lembaga Katolik Keuskupan Malang akan aturan-aturan ketenagakerjaan.

Sebab menurutnya, selama ini tidak banyak yang mengerti akan aturan tersebut sehingga seringkali terjadi masalah yang merugikan. Baik untuk pekerja ataupun pemberi pekerjaan. "Kalau sudah ada aturan yang jelas dan semua mengerti akan aturan tersebut maka kedua pihak akan merasa nyaman," katanya. 

Pria yang juga Ketua Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Malang ini menambahkan, ketika aturan sudah ditetapkan maka masing-masing akan berhati-hati. Alias tidak semena-mena mengambil keputusan. "Termasuk perlakukan terhadap karyawan. Ada tindakan tegas kalau melakukan kesalahan tetapi juga ada penghargaan ketika bisa berprestasi," terangnya. 

Namun ia menegaskan, aturan yang ditetapkan oleh lembaga atau instansi tidak boleh bertentangan dengan Undang-undang yang berlaku. "Sebab langkah dalam membuat aturan ini untuk antisipasi terhadap persoalan hak-hak tenaga kerja," tukasnya. 

Workshop yang rencananya akan digelar hingga tanggal 25 Agustus 2019 ini menghadirkan  pemateri dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Malang, Tim Hukum MPK Keuskupan Agung Jakarta dan dari Komdik Keuskupan Malang. (imm/Malangpostonline.com)

Editor : imm
Uploader : irawan
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU