Puluhan Pemilik Ruko Hamid Rusdi Protes Sewa Lahan

  • 25-08-2019 / 09:11 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Puluhan Pemilik Ruko Hamid Rusdi Protes Sewa Lahan TUNTUT: Pemilik ruko di Jalan Hamid Rusdi Malang didampingi Sumardhan, kuasa hukumnya siap menuntut kelanjutan sewa lahan.

MALANGPOSTONLINE.COM - Puluhan masyarakat pemilik bangunan ruko Jalan Hanid Rusdi didampingi kuasa hukumnya, Sumardhan SH memprotes dan menuntut supaya lahan di tempat tersebut, diperpanjang kontak penggunaan lahan milik Pemkot Malang dan Batalyon Perbekalan Angkutan (Yon Bekang) 2 Kostrad.

"Kami meminta rasa keadilan supaya pihak pemilik lahan dalam hal ini Yon Bekang 2 Kostrad mau memperpanjang atau memberikan kompensasi jika kami sudah tidak boleh menempati lahan tersebut," ungkap Sumardhan, saat menggelar Konferensi pers, Sabtu (23/8).

Menurut dia, masyarakat telah melakukan mediasi ke pihak Yon Benkang 2 Kostrad untuk melakukan perpanjangan atau memberikan kompensasi jika mereka harus meninggalkan lahan yang saat ini sudah menjadi Rumah Toko (Ruko). Namun, permintaan warga tersebut ditolak. 

 

 

"Mereka ada yang sudah menempati lahan tersebut sejak 2006 lalu. Mereka selama ini telah membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), serta selalu membayar uang sewa yang telah ditentukan dalam kontrak pemanfaatan lahan dengan pembaharuan selama dua tahun sekali. Tapi, kontrak pemanfaatan lahan tersebut diubah menjadi satu tahun sekali. Mereka membayar langsung ke pihak Koperasi Yon Bekang 2 Kostrad," jelasnya.

Akan tetapi, lanjutnya, hasil pertemuan tersebut membuat masyarakat semakin gusar, pasalnya, Komandan Yon Bekang 2 Kostrad memberikan jawaban yang membuat resah. "Gak perlu kompensasi, karena sudah lama menempati dan sudah ada hasil," ungkapnya saat menirukan jawaban dari Danyon.

Dengan adanya jawaban tersebut, tambah Sumardhan, warga akan menempuh jalan hukum supaya mendapatkan kejelasan dalam permasalahan ini. Apalagi, mereka selalu membayar uang sewa.

"Dalam setiap tahunnya, mereka selalu membayar biaya sewa yang jumlahnya berbeda, ada yang Rp. 2 juta, bahkan ada yang lebih dari Rp 4 juta, tergantung luasan lahannya," ulasnya.

Selain itu, salah satu penyewa lahan dan pemilik Ruko, Suroso menyampaikan, jika dilihat dari sejarahnya, masyarakat dari dulu selalu menyewa lahan ini.

"Sebenarnya dengan adanya surat perjanjian tersebut berarti ada hak yang sama antara penyewa dan yang menyewakan. Tapi, mereka sekarang kok melakukan arogansi, dan mengklaim jika kami tidak memiliki hak apapun atas ruko yang selama ini kami tempati," tegasnya.

Disisi lain, ketua paguyuban pemilik ruko dan penyewa lahan Yon Bekang 2 Kostrad, Andre Susilo mengatakan, sikap dari Komandan Yon Bekang 2 Kostrad dinilai arogan dan pihakanya tidak mendapat keadilan dalam permasalahan ini.

"Kami menilai terdapat ketidak adilan dalam perjanjian ini. Sebelum mendirikan bangunan diatas lahan sewa ini kami telah mendapat izin dari Pangdam V Brawijaya melalui surat bernomor.B/706/VI/2007/19072007. tentang izin mendirikan bangunan ini, bahkan Pemkot pun juga telah mengizinkan," pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Yon Bekang 2 Kostrad, Letkol Cba Yudho Pramono mengatakan, sebenarnya dirinya tidak memiliki keinginan untuk tidak memperpanjang kontrak sewa laha tersebut.

"Secara pribadi saya ingin lahan tersebut tetap disewakan, karena ada income (pendapatan) buat operasional. Tapi, kesatuan membutuhkan lahan tersebut. Saya hanya menjalankan perintah dari pusat," ungkapnya, saat ditemui awak media. Bahkan, ia sempat disuruh untuk mencari lahan lain untuk digunakan asrama anggota. Akan tetapi, tim dati pusat mengintruksikan supaya menggunakan lahan yang disewa tersebut.

"Para pemilik ruko mengetahui jika tim dari pusat turun ke lokasi untuk melakukan pengukuran lahan tersebut. Apalagi, tim tersebut mengetahui jika kontrak sewa lahan tersebut sudah habis pada 31 Juli 2019," jelasnya. Untuk itu, tambah Yudho, dirinya memberikan kelonggaran waktu dengan memberikan tambahan selama satu bulan. (mar/Malangpostonline.com)

  • Editor : mar
  • Uploader : irawan
  • Penulis : marga
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI