113 Kendaraan Hias Beradu Kreasi dan Tampilan

  • 25-08-2019 / 15:23 WIB
  • Kategori:Malang
113 Kendaraan Hias Beradu Kreasi dan Tampilan ANGKAT POTENSI: Kendaraan hias dari masing-masing OPD dan kelurahan dan kecamatan berusaha mengangkat potensi lokal yang ada.

MALANGPOSTONLINE.COM - Ratusan kendaraan hias mengikuti Festival Kendaraan Hias 2019 yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Minggu (25/8). Seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga kelurahan, pendidikan dan perbankan, ikut berkreasi untuk menghias kendaraan. 

Berbagai macam tema ditampilkan, ada yang menggunakan tema rumah susun, miniatur robot dan masih banyak lagi. Mereka melakukan unjuk kebolehan di hadapan dewan juri di depan panggung kehormatan di depan Balai Kota Malang, dengan meneriakkan yel-yel dan tarian. Setelah itu, mereka mulai berjalan mengikuti rute yang telah ditetapkan,  yakni Jalan Kahuripan, Rajabally, Jalan Semeru dan berakhir di depan Kantor Perpustakaan Kota Malang. Mereka yang terbaik berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 45 juta, trophy dan juga piagam.

Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan, dalam memeriahkan kemerdekaan, ia mengajak masyarakat untuk memaknai dan mengisi hari kemerdekaan dengan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, semua elemen masyarakat harus bergotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan serta isi kemerdekaan dengan kreativitas anak bangsa. “Mengisi hari kemerdekaan dengan ajang kreativitas anak bangsa sangatlah bagus. Terima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan ini, mulai dari OPD, komunitas masyarakat, dan seluruhnya yang ikut menguatkan entitas dan identitas bangsa,” ujar Sutiaji.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap dapat memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat Kota Malang, agar senantiasa ikut berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam ke-Bhinekaan karena Malang adalah potret indonesia.

“Saya kita tadi keragamannya yang kita ambil, tagline yang kita ambil dari malang untuk Indonesia dan dunia. Jadi ini tidak kita pahami secara tekstual saja, tapi lebih dari itu yang kita ambil dan harapankan akan menggerakkan ekonomi rakyat," terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, Festival Kendaraan Hias tersebut digelar untuk memeriahkan HUT ke-74  Kemerdekaan RI dengan tema Menuju Malang Creative City, dari Malang untuk Indonesia dan dunia. "Ada 113 kendaraan hias, yang terdiri dari 106 mobil dan enam sepeda," terang Ida Ayu. 

Dijelaskannya, ini salah satu program pengembangan destinasi wisata Disbudpar untuk meningkatkan wisatawan. Ada beberapa kriteria yang menjadi unsur penilaian. “Pertama adalah kreatifitas. Kedua, mengangkat kearifaan lokal dengan nilai-nilai nusantara. Kemudian yang ketiga bagaimana mereka berkreasi, agar potensi-potensi yang ada instansinya, dinasnya terangkat," tandasnya. (tea/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : irawan
Penulis : tea
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU