trial_mode: on

Pemkot Malang Belum Siapkan Anggaran Parkir Vertikal

  • 25-08-2019 / 18:40 WIB
  • Kategori:Malang
Pemkot Malang Belum Siapkan Anggaran Parkir Vertikal Ilustrasi

MALANGPOSTONLINE.COM - Untuk menertibkan parkir di Kota Malang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memiliki wacana membangun satu kawasan khusus parkir. Nantinya, akan dibangun parkir vertikal. Sehingga, bisa lebih praktis dan tidak membutuhkan bahu jalan. Sementara, pengelolaannya akan berada di bawah naungan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tunas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto mengungkapkan, sampai saat ini, Pemkot Malang masih memiliki wacana untuk membangun di bekas Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang dan di depan Ramayana. "Rencananya, kedua tempat itu akan dijadikan kawasan parkir menuju kawasan heritage Kayutangan," kata dia.
Rencananya, lanjut dia, pengelolaan parkir vertikal tersebut akan dilakukan oleh Perumda Tunas. "Masih belum dianggarkan, Detail Engineering Desain (DED) juga masih belum," kata dia.

Sebelumnya, Wali Kota Malang, Sutiaji mengungkapkan, rencana parkir vertikal tersebut sudah dilirik investor dari tiga negara, yakni Cina, Singapura dan Jerman. Untuk merealisasikan pembangunan parkir vertikal atau bersusun itu, biaya yang bakal dibutuhkan mencapai Rp 10 Miliar.

"Kami memang tengah merencanakan untuk pembangunan parkir vertikal itu, pembiayaannya berkisar Rp 9 sampai 10 miliar. Dan itu sudah ada pihak - pihak yang melakukan penawaran untuk membiayai," ujar dia.

Secara umum, parkir vertikal tersebut akan terdiri dari 8 tingkat dengan luas 400 meter persegi. Dengan adanya parkir model vertikal ini diharapkan akan lebih banyak menampung kebutuhan parkir pengendara baik oleh wisatawan maupun masyarakat Kota Malang. Selain itu, area parkir tersebut dirasa sesuai dengan kebutuhan wilayah Kota Malang. Mengingat, banyaknya ruang terbuka yang sangat terbatas bagi pengguna jalan.

"Akses jalan kita di Kota Malang semakin terbatas, kendaraan semakin banyak. Lahan parkir ini sangat diperlukan untuk kenyamanan baik masyarakat kita sendiri terlebih juga untuk wisatawan yang berkunjung kesini," pungkas dia.(tea/Malangpostonline.com)

  • Editor : tea
  • Uploader : irawan
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI