trial_mode: on

Perbaiki Jalan Desa, DPUBM Usulkan Tambahan Anggaran Rp 15 M

  • 25-08-2019 / 20:39 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Perbaiki Jalan Desa, DPUBM Usulkan Tambahan Anggaran Rp 15 M Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Ir Romdhoni

MALANGPOSTONLINE.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Malang, mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 15 M, dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun 2019. Anggaran tersebut digunakan untuk pemeliharaan serta peningkatan jalan desa.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga, Kabupaten Malang, Ir Romdhoni. 

Ditemui  disela-sela kegiatan tinjauan lahan pertanian di Dusun Tanjung, Desa Banjararum, Singosari,  Sabtu (24/8), Romdhoni mengatakan, jika dari anggaran APBD 2019 tidak mencukupi untuk pemerilaharaan dan penambahan fasilitas jalan desa. 

"Ada 40  desa yang memang belum teranggarkan di APBD untuk  pemeliharaan dan peningkatan fasilitas. Nah, tambahan Rp 15 M tersebut, untuk pemeliharaan itu," katanya. 

Sejauh ini, Romdhoni menyebutkan, pada APBD 2019 mendapatkan anggaran Rp 400 M untuk anggaran keseluruhan. Anggaran tersebut juga termasuk dari pusat. 

"Itu untuk semuanya. Kalau pemeliharaan anggarannya sekitar Rp 68 M," kata Romdhoni.

Dia juga menyebutkan, perbaikan dan peningkatan infrastruktur terus dilakukan. Seiring dengan adanya tol Malang-Pandaan dan bandara Abdurachman Saleh yang akan menjadi bandara internasional. "Saat ini kami melakukan pemetaan jalan. Hal tersebut terkait dengan fungsi jalan,'' ujarnya. 

Menurut nya, jika jalan yang masuk dalam peta memiliki fungsi strategis, maka pihaknya akan melakukan penghitungan ulang. Jika  jalan tersebut kuat dan tidak mudah rusak, maka akan dilakukan pemeliharaan. 

Terkait dengan hal tersebut, Romdhoni juga mengharapkan bantuan dari Pemprov Jatim dan pusat. "Kalau jalan itu memiliki fungsi strategis, maka sulit bagi kami menangani sendiri. Alasannya karena keterbatasan anggaran. Karenanya, agar jalan-jalan strategis ini berfungsi sesuai fungsinya, maka harus ada bantuan dari Pemprov dan Pemerintah pusat," tandasnya. (ira/udi/Malangpostonline.com)

  • Editor : udi
  • Uploader : irawan
  • Penulis : ira
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI