Buka Sosialisasi Saber Pungli, Emil Dardak Beri Edukasi Kepada Mahasiswa

  • 05-09-2019 / 18:31 WIB
  • Kategori:Malang
Buka Sosialisasi Saber Pungli, Emil Dardak Beri Edukasi Kepada Mahasiswa

MALANGPOSTONLINE.COM - Selain memberikan sosialisasi, mahasiswa dan masyarakat juga diajak untuk berpartisipasi melakukan pencegahan. Tidak hanya instansi pemerintah dan pelayanan publik saja, masyarakat umum juga harus mampu menahan diri untuk tidak memberikan pungli kepada petugas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang juga hadir dalam acara tersebut. Menurut Emil, jika dibiarkan terus menerus, kebiasaan untuk memberi maupun menerima pungli akan memberikan efek yang buruk terhadap pembangunan.

“Nantinya akan jadi high cost economy. Ini yang ingin kita hilangkan. Jangan sampai hal ini merusak mental kita semua,” tegas dia.

Untuk itu, lanjut dia, pencegahan terkait kasus pungli dinilai sangat penting. Menurtnya, masih perlu sosialisasi secara berkesinambungan. “Dengan hadirnya tim saber pungli pada hari ini, mudah-mudahan Jawa Timur bisa menjadi salah satu lotus untuk bisa menghilangkan insiden atau tendensi pungli,” papar dia.

Menurutnya, salah satu pencegahan yang dilakukan adalah dengan mempermudah segala bentuk pengurusan dokumen maupun administrasi. Saat ini, provinsi Jawa Timur sudah melakukan suatu gebrakan untuk mempermudah pelayanan. “Kalau misalnya ada dokumen yang harus diurus di Surabaya, tidak perlu jauh-jauh datang kesana. Cukup menyerahkan ke Bakorwil,” kata dia.

Bahkan, dalam mengurus dokumen dan administrasi, harus disertai dengan SOP yang jelas. “Kalau perlu, ada juga estimasi waktu untuk mengurus dokumen itu. Harus terang benderang semua,” kata dia.

Selain itu, dokumentasi pelayanan yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga harus jelas. Sebelumnya, di wilayah Jawa Timur, ada sembilan OPD yang direview oleh inspektorat. Ada beberapa hal yang harus dibenahi dan dirinci sehingga lebih jelas. “Publikasi wajib dilakukan, harus ditunjukkan kepada publik dan juga stakeholder tentang pelayanan yang sudah diberikan,” tandas Emil.(tea/Malangpostonline.com)

Editor : tea
Uploader : slatem
Penulis : tea
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU