Jadi Cagar Budaya, Susun Buku Sejarah Makam Nasrani Sukun

  • 21-09-2019 / 17:51 WIB
  • Kategori:Malang
Jadi Cagar Budaya, Susun Buku Sejarah Makam Nasrani Sukun TPU Nasrani Sukun akan menjadi cagar budaya yang akan ditetapkan Wali Kota Malang.

MALANGPOSTONLINE.COM - Tidak lama lagi TPU Nasrani Sukun, Kota Malang akan ditetapkan sebagai salah satu warisan cagar budaya Kota Malang. Menyambut ini, penataan dan persiapan dilakukan,  salah satunya menerbitkan buku sejarah makam Nasrani Sukun.

Kepala UPT Pengelolaan Pemakaman Umum (PPU) Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Malang Taqroni Akbar menjelaskan, buku itu direncanakan dapat dinikmati masyarakat sebelum akhir tahun ini.

“Iya kami sedang susun bukunya,” papar Taqroni saat ditemui di TPU Nasrani Sukun.

Ia menjelaskan, buku tersebut sedang disusun untuk memudahkan siapa saja yang ingin mengetahui sejarah makam ini. Pasalnya tidak sedikit yang datang menanyakan hal ini terus menerus. Jika dibukukan, tentu akan memudahkan petugas juga masyarakat yang datang.

Dijelaskannya mengapa buku ini perlu segera diwujudkan, karena tidak hanya sejarah saja yang akan dijelaskan.

“Hal lain seperti pembudidayaan kopi tulang sampai siapa-siapa saja tokoh-tokoh yang dimakamkan disini akan dibahas,” paparnya. 

Dijelaskannya, memang belum banyak diketahui pemakaman yang ada sejak masa kolonial Hindia Belanda ini sampai sekarang masih menyimpan jasad-jasad orang Belanda maupun Eropa yang bisa dibilang penting dalam perkembangan perdaban Kota Malang.

Sebut saja Rob van de Ven Renardel de Lavalette (pendiri Lavalette), Letnan Georges Lodewijk Gouvels (Tentara KNIL), Th A.M Gout (Kontroles Surabaya-Bangil), Dolira Advonso Chavid (diyakini sebagai pendiri Dolly), Pieter A Allries (Arsitek Belanda).

Tak hanya itu, data yang berupa buku kematian sejak tahun 1922 yang masih tersimpan rapi, walaupun sudah usang termakan usia akan ditambahkan juga dalam buku.

“Ya doakan saja cepat selesai dan bisa bersamaan di launching usai penetapan benar-benar resmi diterima,” pungkasnya. (ica/aim/Malangpostonline.com)

Editor : aim
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Ipunk

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU