Dibuka, Kampung Cempluk Sajikan Kreasi Seni

  • 21-09-2019 / 18:15 WIB
  • Kategori:Malang
Dibuka, Kampung Cempluk Sajikan Kreasi Seni PERSIAPAN: Pembukaan Festival Kampung Cempluk ke-9 sudah dimulai, hingga 7 hari kedepan, akan menebarkan berbagai aksi penampilan dan kreasi seni non-stop. 

MALANGPOSTONLINE.COM - Pembukaan Festival Kampung Cempluk ke-9 sudah dimulai. Hingga 7 hari kedepan, Kampung Cempluk akan menebarkan berbagai aksi penampilan dan kreasi seni non-stop.  Penampilan seni yang ditampilkan pun sangat beragam. Mulai dari rembug budaya, pawai, hingga penampilan teater akan disajikan.

Pagi, siang dan malam warga masyarakat dimanapun bisa langsung datang di kampung yang berada di Dusun Sumberejo, Kalisongo, Dau, Kabupaten Malang ini. Penggagas Kampung Cempluk, Redy Eko Prasetyo mengatakan, pembukaan hari raya budaya Kampung Cempluk Festival ke-9 akan diawali Rembug Budaya Kampung yang bakal diadakan pukul 09.00 WIB pada 22 September 2019.

“Rembug budaya akan mengangkat tema Kampung Sebagai Serambi Utama Indonesia dan beberapa tokoh hadir sebagai narasumber,” jelasnya.

Tokoh-tokoh tersebut diantaranya Plt Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Prof Haryono dari Japung Nusantara Prof Djoko Saryono, Direktur PUED (Pengembangan Usaha Ekonomi Desa) Ditjen PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kemendes Nugroho Setijo Negoro, Japung Nusantara Dwi Cahyono, Dekan FH UB Dr Muchamad Ali Safa'at, Komunitas Kampung Kalimetro Luthfi J Kurniawan dan Kepala Desa Kalisongo Siswanto.

Pengambilan tema tersebut, berawal dari gagasan pentingnya peran kampung dalam banyak aspek untuk menguatkan Indonesia dari segi budaya, ekonomi, pendidikan dan politik. “Masyarakat kampung dianggap berkontribusi luar biasa, sehingga perlu diberikan perhatian penuh oleh pemerintah dan masyarakat umum,” tegas Redy.

Setelah rembug budaya sebagai acara pembuka, rangkaian festival akan dilanjutkan dengan Pawai Budaya. Persembahan warga Kampung Cempluk, yang menjadi tradisi pembuka. Mulai dari tarian hingga parade kostum dan lain sebagainya akan disajikan.

Kemudian beberapa bintang tamu penampil seperti Rara Erin, Kotekan Krucil, Nisa and Friends, Nafla Sumunar, Dylan Prabu, Yayan Sigi, Mr D & Ethnicholic hingga penampilan dari Kampung Bago Paiton akan memeriahkan pembukaan Festival Kampung Cempluk ke-9 besok.

“Mulai besok hingga Sabtu 28 September ya, monggo datang saja,” pungkas Redy. (ica/udi/Malangpostonline.com)

Editor : udi
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : ica

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU