DKM Curhat Anggaran ke DPRD

  • 11-10-2019 / 18:29 WIB
  • Kategori:Malang
DKM Curhat Anggaran ke DPRD Anggota Dewan Kesenian Malang (DKM) melakukan hearing dengan Komisi D DPRD Kota Malang sore tadi

Malangpostonline.com - Stagnasi peran Dewan Kesenian Malang (DKM) mendapatkan perhatian dari DPRD Kota Malang. Kemarin beberapa pegiat DKM melakukan hearing dengan Komisi D DPRD Kota Malang. Disini permasalahan pokok DKM dikuak.

Jubir DKM, Johnny Suhermanto mengatakan setidaknya ada 3 permasalahan pokok DKM yang disampaikan dihadapan anggota legislatif Kota Malang tadi. Hal ini berkaitan dengan keberlangsungan DKM kedepan.

Pertama adalah Posisi atau Peran, Budgeting (anggaran) dan Fasilitas. Johnny menegaskan DKM saat ini memang sedang dalam keadaan “tidak jalan” dan kurang berdaya dilihat dari 3 pokok permasalahan tersebut.

“DKM sekarang memang diakui secara keorganisasian macet karena berbagai hal. DKM sedang kehilangan marwah dan possisioningnya baik sebagai mitra dari pemda maupun sebagai lembaga seni,” tegasnya.

Sementara itu di hal budgeting (anggaran) DKM dikatakan juga telah kehilangan hak budgeting nya dari Pemda sehingga lembaga ini tidak bisa berbuat banyak. Terakhir, anggaran APBD dikeluarkan sebesar kurang lebih Rp 600 juta di zaman Wali Kota Malang H M Soesamto dan Peni Suparto.

Akan tetapi setelah dua periode tersebut, DKM mulai tidak berjalan karena permasalahan internal dan sempat vakum. Sehingga tidak lagi masuk dalam budgeting pemda, yang dulunya diampu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

“SK kita pun sepertinya sudah hilang. Dan upaya kami saat ini akan melaksanakan musyawarah untuk revitalisasi DKM. Kita akan mengesehkan amandemen AD/ART, memilih ketua baru dan menata lebih baik,” pungkasnya (ica/Malangpostonline.com)

Editor : ica
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU