Menyambut HUT ke 18 Kota Batu

Ratusan Pelajar Berikrar Sadar Hukum

  • 14-10-2019 / 23:32 WIB
  • Kategori:Malang, Batu
Ratusan Pelajar Berikrar Sadar Hukum PENGUKUHAN: Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si memberi piagam dan ucapan selamat pada pelajar yang dikukuhkan dalam forum pelajar sadar hukum di Balai Kota Among Tani Batu, kemarin.

Pelajar Kota Batu Harus Sadar Hukum! Kalimat tersebut diikrarkan ratusan anak muda dalam pengukuhan forum pelajar sadar hukum dalam penyuluhan hukum terpadu, Senin (14/10). Acara yang digelar di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani Batu tersebut digelar untuk menyambut HUT ke 18 Kota Batu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Dr. Susy Susilawati. Ia menegaskan, bahwa kegiatan ini mengantisipasi adanya pelanggaran hukum yang dilalukan oleh pelajar. Apapun bentuknya yang dapat merugikan diri sendiri.

"Kami sangat mengapresiasi dengan Pemkot Batu. Pasalnya Pemkot Batu sangat kondusif, aman, dan tertib. Sehingga tidak terjadi pelanggaran hukum, khususnya bagi pelajar," ujar Susy sapaan akrabnya kepada Malang Post.

Ia mengungkapkan, peran Pemerintah di Kota Batu perlu diacungi jempol. Pasalnya pada kegiatan penyuluhan sadar hukum tersebut, ratusan pelajar dengan datang langsung ke Balai Kota Batu. Sedangkan di daerah lain seperti di Surabaya, pihaknya harus datang ke sekolah-sekolah untuk penyuluhan sadar hukum.

"Melalui kegiatan ini kami juga nantinya anak muda bisa mengantisipasi dan merespons dengan bijak situasi dan kondisi saat ini. Sehingga tidak mempengaruhi pelajar menjalankan pendidikannya," bebernya.

Ia menerangkan beberapa yang perlu diwaspadai adalah teknologi yang mempermudah akses informasi. Namun dimanfaatkan untuk hal negatif seperti memproduksi dan mengkonsumsi informasi hoax hingga untuk nonton film porno.

"Untuk menghindari hal tersebut melalui penyuluhan hukum ini pelajar akan berpikir sebelum menjelajah informasi di dunia maya atau think before click. Sehingga mereka tidak terjerat UU ITE karena tidak paham dengan apa yang mereka akses hingga mereka share," bebernya. 

Karena itu, lanjut dia, pelajar harus diberi pemahaman tentang hukum. Kemudian mereka melakukan sosialisasi ke temen-teman mereka. Bakan, bila perlu ke depan materi tentang hukum perlu menjadi bagian dari mata pelajaran atau ekstrakurikuler.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si berkomitmen untuk memberi sarana dan prasarana agar program pelajar sadar hukum bisa maksimal. Sehingga Kota Batu bisa terjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitasnya.

“Saya harap pelajar yang telah dikukuhkan dalam forum pelajar sadar hukum dapat melakukan aktivitas positif sebagai agen informasi dalam bidang hukum. Kami akan memfasilitasinya agar program ini berjalan maksimal," tegas Dewanti.

Menurut Dewanti, masa remaja menjadi fase kritis bagi manusia baik fisik dan psikis. Banyak faktor yang mempengaruhi diri. Penyebabnya bisa faktor keluarga, media komunikasi, pergaulan, pengaruh globalisasi serta kekurang pahaman hukum.

“Oleh karena itu, dengan kegiatan yang sekaligus sebagai rangkaian HUT ke 18 Kota Batu ini mampu membentuk pemuda Kota Batu berkarakter dan memiliki kesadaran hukum yang tinggi. Untuk kemudian dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(eri/ary)

Editor : Ary
Uploader : abdi
Penulis : eri
Fotografer : eri

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU