Ali Mayouf: Pelafalan Kunci Belajar Bahasa Arab

  • 06-07-2018 / 10:13 WIB
  • Kategori:Malang
Ali Mayouf: Pelafalan Kunci Belajar Bahasa Arab FASIH: Dr Ali bin Mayouf Al Mayouf ketika mengajarkan mahasiswa terkait pelafalan bahasa Arab yang benar. (magang/malangpost)

MALANG- Dr Ali bin Mayouf Al Mayouf, Konsultan Markas Dakwah Arab membagi tips terampil mengajar dan penyusunan buku ajar bagi dosen UMM, kemarin. Seminar nasional pertama ini juga diikuti oleh mahasiswa S1-S3 jurusan bahasa Arab dari berbagai provinsi. Pengajar Arab di King Saudi University juga mengedukasi pelafalan bahasa Arab yang benar, mengingat mahasiswa acap kali salah kaprah mempraktikkannya.

“Agar penguasaan bahasa Arab bisa bagus, harus dibiasakan dengan latihan terus menerus. Karena pembelajaran bahasa Arab adalah pembiasaan,” ujar Dr Ali bin Mayouf Al Mayouf .

Ada empat aspek hal terkait keterampilan bahasa Arab yang dikupas, mulai dari mendengarkan, berbicara, membaca  dan menulis. Termasuk bagaimana ilmu pengucapan dan pelafalan yang benar.

Ketua Pelaksana, Moh. Fery Fauzi MPd I yang juga dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab tersebut mengaku begitu sulitnya menciptakan lingkungan berbahasa Arab saat ini. Terlebih input pendidikan yang berbeda-beda, baik dari SMA atau SMK yang notabene baru mengenal bahasa Arab.

“Sehingga bagi maba khususnya jurusan bahasa Arab, wajib menciptakan lingkungan berbahasa Arab selama satu tahun perkuliahan,” tuturnya.

Sebagai prodi baru di UMM, jurusan yang berjalan selama empat tahun ini peminatnya terus meningkat. Meski hanya satu kelas perkuliahan, namun sejumlah prestasi telah diraih tingkat nasional, seperti lomba MTQ mahasiswa nasional dengan debat bahasa Arab yang meraih juara empat baru-baru ini. (ita/oci)

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU