PA Kepanjen Eksekusi Lahan Waris 5 Hektar

  • 30-12-2019 / 16:26 WIB
  • Kategori:Kabupaten
PA Kepanjen Eksekusi Lahan Waris 5 Hektar PATOK: Petugas PA Kepanjen dikawal Polres Malang saat memproses eksekusi lahan di Desa Kanigoro dan Desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran.

Malangpostonline.com – Pengadilan Agama Kepanjen mengeksekusi lahan waris sekitar 5 hektar atau 52 ribu meter persegi, di kawasan Kecamatan Pagelaran, Senin (30/12). Lahan waris milik almarhum H Soleh Gimin dengan ahli waris H Maksum di kawasan Desa Kanigoro dan Desa Brongkal ini, dieksekusi PA Kepanjen, untuk dibagikan secara merata kepada anak cucunya.

Karena, sebelum ini, lahan yang terbagi menjadi 11 lokasi tersebut, dikuasai oleh paman dan bibi pemohon eksekusi. Anak dari almarhum H Maksum, Hj Zainiyah dan Ila Herawati menjadi pemohon dalam eksekusi ini. Sementara, H Ngaisah, Khotijah dan H Hasan Sapari, bertindak sebagai termohon.

Ketua PA Kepanjen, Drs H Moh Mujib MH, menegaskan PA Kepanjen, melakukan eksekusi lahan sebagai bentuk penegakan hukum dan kasasi inkrah Mahkamah Agung. Dia didampingi oleh jajaran PA Kepanjen, termasuk Panitera Pengganti Margono SAg SH MH, dan dikawal oleh Polres Malang yang dipimpin Kompol Sunardi Riyono.

“Ini adalah jawaban dari pengadilan, terhadap masyarakat yang mencari keadilan. Kenapa kami melakukan eksekusi, supaya lahan ini bisa bermanfaat bagi yang berhak, karena berkasnya sendiri sudah lama, sejak tahun 2010, tapi karena proses hukum, baru eksekusi sekarang,” ujar Mujib kepada Malang Post, Senin.

Setelah kasus ini diputus di PA Kepanjen pada tahun 2010, termohon banding ke pengadilan tinggi, lalu naik ke kasasi Mahkamah Agung. Setelah tak ada upaya hukum lagi, berkas eksekusi inkrah, dan akhirnya PA Kepanjen melakukan eksekusi. Para petugas eksekusi dari PA Kepanjen, membawa meteran dan patok lalu mengelilingi lahan berupa perkebunan.

Satu demi satu, lahan dibagi sesuai aturan dan putusan pengadilan. Selama proses eksekusi, tak ada gejolak dan pemasangan patok dan pembagian lahan berlangsung kondusif. Kuasa hukum pemohon, Sumardhan SH mengaku berterimakasih kepada pengadilan karena melakukan eksekusi lahan waris ini.

“Dengan demikian, klien kami bisa mendapatkan haknya sesuai hukum dan aturan yang berlaku. Selain itu, kami juga berterimakasih kepada kepolisian, yang mengawal proses eksekusi sehingga semua berjalan kondusif dan lancar,” tutup Sumardhan. (fin/Malangpostonline.com)

Editor : fin
Uploader : irawan
Penulis : fin
Fotografer : fin

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU