Siswa SMPN 2 Malang Happy Ikuti Travel to Vacational School SMK PIM

  • 20-01-2020 / 11:23 WIB
  • Kategori:Sekolah
Siswa SMPN 2 Malang Happy Ikuti Travel to Vacational School SMK PIM OBAT: Siswa SMPN 2 Malang diajak belajar membuat obat dari resep dokter di laboratorium milik SMK PIM (MARGA NURTANTYO/MALANG POST ONLINE).

MALANG - Beberapa siswa SMP Negeri 2 Kota Malang, mengikuti kegiatan Travel to Vacational School yang diadakan SMK Putra Indonesia Malang (PIM) Jalan Barito No 5 Kota Malang. Mereka diajak untuk berkeliling, melihat sekolah dan laboratorium yang memiliki kompetensi keahlian Kimia Industri dan Farmasi Industri tersebut, Sabtu (18/1) pagi.

Mulai dari melihat produk-produk kecantikan bikinan siswa SMK PIM seperti sabun di lokasi Teaching Factory (Tefa), laboratorium pengolahan air menjadi Aquades untuk kebutuhan praktikum di sekolah serta laboratorium cara pembuatan obat. Mereka juga dibimbing beberapa guru dari SMK PIM itu.

Kepala SMK PIM, Siti Zubaidah, S.Pd memaparkan program itu memang untuk mengenalkan sistem pembelajaran di SMK PIM sesuai jurusan yang ada. “Kalau di Farmasi Industri, siswa SMPN 2 Malang diberikan pengenalan alat ataupun neraca," tutur Zubaidah, sapaan akrab wanita ini. 

“Diajak pula ke laboratorium untuk melihat apa yang dilakukan di Farmasi Industri. Seperti sekarang mereka dikenalkan dengan alat – alat Farmasi Industri dan membuat puyer serta kapsul,” tambahnya. Selain Farmasi Industri, siswa SMPN 2 Malang juga dikenalkan tentang jurusan Kimia Industri mulai dari alat Titrasi dan Soxlet hingga membuat produk softener.

"Produk-produk yang sudah mereka bikin, bisa dibawa pulang,” ungkap dia. Program Travel to Vacational School SMK PIM, lanjut Zubaidah memang ditawarkan ke beberapa sekolah di Malang Raya. “Kalau minta promo di sekolahnya, kita yang datang ke sana. Tapi kalau bisa datang ke SMK PIM, kita juga fasilitasi antar jemputnya,” tegas dia.

Menurut kepala sekolah ramah ini, yang kali pertama memanfaatkan program itu adalah SMP Hasyim Ashari Malang. “Respons siswa kedua sekolah ini sangat baik. Mereka semangat karena mendapatkan hal baru yang dekat dengan dunia mereka di kesehatan dan rumah tangga. Harapannya, mereka bergabung di SMK PIM setelah tahu kegiatannya sangat menyenangkan, mulai pembelajaran dan pembuatan produk-produknya,” pungkasnya. (mar)

Editor : mar
Uploader : Gofur
Penulis : marga
Fotografer : marga

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU