Tari Topeng dan Gelar Bakat Meriahkan 41 Tahun SMPN 2 Sumberpucung

  • 03-02-2020 / 15:33 WIB
  • Kategori:Advertorial
Tari Topeng dan Gelar Bakat Meriahkan 41 Tahun SMPN 2 Sumberpucung

Malangpostonline.com - SMPN 2 Sumberpucung Kabupaten Malang menjadi ajang festival kreativitas seni-budaya, Senin (3/2). Tarian Topeng masal dan gelar bakat memeriahkan acara yang dipusatkan di halaman SMPN setempat.

Gelaran festival ini bersamaan dengan peringatan HUT ke-41 SMPN 2 Sumberpucung atau yang juga dikenal SMP TGP (Tentara Genie Pelajar). Tari Topeng yang dibawakan puluhan penari ini sekaligus sebagai penyambutan kehadiran Bupati Malang yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan, juga anggota DPRD Unggul Nugroho pagi itu.

Kadindik Kabupaten Malang, DR Rahmat Hardijono yang berkesempatan hadir, sekaligus meresmikan bangunan musala sekolah setempat. Saat meresmikan, tampak mendampingi Camat Sumberpucung Mochammad Soleh M,Sos dan Kapolsek Sumberpucung AKP Edi Sunyata SSos.

Prosesi peresmian musala dilakukan dengan pengguntingan pita bunga dan pemukulan gong. Sepanjang jalan koridor beberapa meter menuju musala, juga dipamerkan puluhan karya lukis siswa berbagai tema. Diantaranya juga, tema lingkungan dan seni lukis kaligrafi.

Sejumlah veteran pejuang dan perintis SMP 'TGP' juga tampak hadir dan mengikuti kekhidmatan dan menikmati suasana peringatan HUT. Tari kreasi lokal 'Cundrik Proboretno' juga disuguhkan sebagai unjuk keterampilan seni tari siswa.

Kepala SMPN 2 Sumberpucung, Drs Santoso MPd mengungkapkan, dengan peringatan HUT SMPN 2 sekaligus peresmian musala ini, diharapkan terbangun karakter yang semakin kuat. Menurutnya, SMPN 2 ini dirintis oleh para tokoh veteran pejuang, dulu namanya SMP TGP sejak 73 tahun silam.

Dengan karakter yang terbangun kuat, lanjutnya, seperti cinta warisan budaya leluhur dan nasionalisme, maka bisa memotivasi lahirnya ikon-ikon prestasi baru yang lebih membanggakan siapa saja nantinya.

Acara puncak peringatan 41 tahun SMPN 2 Sumberpucung ini juga banyak dimeriahkan gelar bakat dan kreativitas siswa. Diantaranya, ditampilkan atraksi beladiri karate dan pencak silat, yel-yel formasi pramuka dan penampilan vokal siswa.

Siswa berprestasi nasional yang tergabung dalam tim OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) juga ditampilkan. Tiga siswa tim OPSI ini menunjukkan karyanya, membiasakan berbahasa Jawa melalui Kamus Kecik, hingga karya mereka ditetapkan meraih medali perunggu OPSI Nasional Kemendikbud akhir 2019 lalu.

Sejumlah rangkaian acara digelar sebelumnya untuk memeriahkan HUT SMPN 2. Diantaranya, karnaval kirab budaya, kreasi tumpeng, malam tasyakuran dan pertunjukan kolaborasi wayang Sandosa dan drama 'Balada Rama-Shinta.' (amn/malangpostonline.com)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : amn
Uploader : rois
Penulis : amn
Fotografer : amn

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU