Siswa SMP Taman Siswa Ukir Prestasi Nasional Ajang Pencak Silat

  • 05-02-2020 / 17:17 WIB
  • Kategori:Sekolah
Siswa SMP Taman Siswa Ukir Prestasi Nasional Ajang Pencak Silat SENANG: Fajar Miftahqul Huda siswa SMP Taman Siswa menunjukkan medali dan piagamnya sebagai juara 3 National Open Tournament Pencak Silat of Batu Natonal Championship 2020.

Malangpostonline.com - Siswa SMP Taman Siswa, Fajar Miftahqul Huda baru saja menorehkan prestasi tingkat nasional. Akhir pekan lalu, Fajar menjadi juara 3 di ajang kompetisi National Open Tournament Pencak Silat of Batu Natonal Championship 2020.

Prestasi tersebut menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi sekolah di Jalan Tumenggung Suryo ini. Apalagi Fajar tercatat masih siswa kelas VII.

Kepada Malang Post, Fajar mengungkapkan perasaan senangnya bisa memberikan tropi yang pertama untuk sekolah yang dicintainya. Ia berharap bisa lebih semangat dan kembali mempersembahkan piala-piala lainnya. "Alhamdulillah saya senang bisa juara, meskipun juara 3. Yang penting saya sudah ikut lomba dan membawa nama sekolah," katanya kepada Malang Post, Rabu (5/2) kemarin.

Ia juga menyampaikan bahwa dengan berlomba ia dapat memupuk rasa percaya dirinya. Sebab menurut dia, berani tampil percaya diri adalah lebih dari sekedar meraih kemenangan. "Karena kita dilihat banyak orang, agar bisa tampil yang bagus harus percaya diri," ujar lulusan SDI Mohammad Hatta ini.

Fajar mengaku senang dengan olah raga bela diri. Kemampuan bela dirinya sudah mulai dikembangkan sejak kelas 3 SD. Meskipun demikian ia mengaku tidak senang berkelahi. Sehingga di perlombaan pun ia lebih memilih kategori seni, bukan tarung. "Saya lebih senang seninya, dengan gerakan-gerakannya yang menurut saya bagus," imbuhnya.

Oleh karena itu, kedepannya ia akan berlatih lebih giat lagi di program ekstrakurikuler bela diri Perisai Diri yang dikembangkan oleh SMP Taman Siswa. "Sementara ini saya off dulu, karena kondisi fisik yang belum memungkinkan," tambahnya.

Sementara itu, Pelatih Perisai Diri SMP Taman Siswa,  Anang Cahyo Saputra, M.Pd., menilai Fajar Miftahqul Huda sebagai anak yang punya potensi besar di bidang olahraga bela diri.

Sehingga perlu pembinaan untuk tingkat yang lebih tinggi. "Karena anaknya memang sudah punya basic, jadi tinggal mengasah dan proses berlatihnya lebih intens agar lebih berkembang," ucapnya.

Terkait persiapan mengikuti National Open Tournament Pencak Silat of Batu National Championship 2020, Anang mengatakan butuh waktu setidaknya dua bulan. Selama waktu tersebut, Fajar mendapat pembinaan dengan latihan teknik-teknik dasar. "Seminggu dua sampai tiga kali kita latih, hingga benar-benar siap untuk lomba," terangnya.

Ia pun berharap prestasi yang dicapai Fajar memberikan motivasi kepada siswa-siswi lain, untuk juga berprestasi. Sehingga muncul generasi baru yang juga mampu mengukir prestasi. "Untuk Fajar sendiri semoga bisa ditingkatkan prestasinya," harap alumni Universitas Islam Malang ini.

Saat ini Anang juga sedang mempersiapkan siswa-siswi yang akan tampil di Olimpiade Olahraga Dan Seni Nasional (O2SN). Di ajang ini pun ia berharap siswa SMP Taman Siswa bisa kembali membawa nama sekolahnya, minimal tingkat provinsi. "Anak-anak sering juara tingkat kota, bahkan pernah di tingkat daerah provinsi di ajang Porprov," tandasnya. (imm/)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : imm
Uploader : rois
Penulis : Imam W.
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU