Pembangunan Pasar Blimbing Tunggu Adendum

  • 24-07-2018 / 10:06 WIB
  • Kategori:Malang
Pembangunan Pasar Blimbing Tunggu Adendum KAPAN DIBANGUN: Pasar Blimbing yang lama menunggu pembangunannya. Kondisi pasar sudah tidak layak dan harus segera dibangun untuk menjadi pasar yang nyaman, sehat dan aman.(Ipung Purwanto/Malang Post)

MALANG- Polemik realisasi pembangunan Pasar Blimbing yang terletak di Jalan Borobudur telah tertunda sejak lama. Padahal para pedagang dan investor telah menanti pembangunan tersebut guna merealisasikan sebagai pasar terpadu.

Sekertaris Daerah Kota Malang, Wasto menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tidak bermaksud untuk menunda pembangunan Pasar Blimbing. Sebab sampai saat ini, adendum atau perubahan perjanjian kerjasama masih dalam tahap finalisasi.

Perubahan perjanjian itu penting, lanjut dia, sebab secara langsung dapat berbuntut pada nilai investasi dan Detail Engineering Design (DED). Sehingga ada beberapa poin yang masih perlu dibenahi dan didiskusikan dengan DPRD Kota Malang.

"Secara teknis akan kami selesaikan karena berbagai pihak sudah meminta agar pembangunan dilakukan secepatnya," katanya pada Malang Post tak lama ini.

Meski demikian, pengosongan pasar tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa persetujuan pedagang. Sehingga pihaknya juga belum memberikan putusan dan memerintah kepada investor untuk memulai pembangunan Pasar Blimbing.

"Kalau untuk mengosongkan pasar memang tugas kami. Tapi untuk memerintahkan relokasi para pedagang bukan hal yang mudah," imbuhnya.

Ia menjelaskan lebih lanjut, pembangunan akan segera dilakukan ketika nantinya kesepahaman dan persetujuan dari semua pihak telah ditemukan.

Namun sejauh ini ia belum dapat memastikan pada tahun ini seluruh pedagang akan direlokasi ke penampungan sementara. Rencananya mereka akan dipindah ke bekas Stadion Blimbing. "Kalau memang sudah sepakat semua kami harap pedagang di Pasar Blimbing bersedia dipindah ke relokasi," imbuh Wasto.

Seperti diberitakan sebelumnya, pedagang dan juga investor dari PT KIS sudah menagih realisasi pembangunan Pasar Blimbing. Kondisi Pasar Blimbing yang semakin tidak layak untuk dijadikan pasar tradisional. Hingga dua walikota, pembangunan Pasar Blimbing belum juga terealisasi, meski sudah ada perjanjian kerjasama pembangunannya. (tia/aim)

Editor : aim
Uploader : dinda
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU