Peringati Hari Hutan Se Dunia Siswa SD Muhammadiyah 4 Tanam 300 Bibit Pohon

  • 17-02-2020 / 17:43 WIB
  • Kategori:Sekolah
Peringati Hari Hutan Se Dunia Siswa SD Muhammadiyah 4 Tanam 300 Bibit Pohon SEMANGAT: Siswa SD Muhammadiyah 4 Malang menanam pohon di Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu didampingi guru.

Malangpostonline.com - Pengalaman baru didapat oleh siswa siswi SD Muhammadiyah 4 Malang. Sabtu (15/2) lalu, sebanyak 80 siswa perwakilan dari kelas 3, 4 dan 5 menanam ratusan bibit pohon di Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu. Kegiatan tersebut sebagai implementasi dari program Adiwiyata SD Muhammadiyah 4 dalam memberikan wawasan lingkungan pada anak didiknya. 

Dalam kegiatan tersebut para siswa tampak antusias menanam satu persatu bibit pohon. Mereka didampingi guru dan tim dari Area Model Konservasi Edukasi (AMKE). Dalam kesempatan tersebut siswa mendapat pengalaman langsung bagaimana cara menanam pohon yang baik dan benar. 

Adapun bibit pohon yang mereka tanam terdiri dari berbagai jenis tanaman buah. Diantaranya pohon blimbing, sirsak, sawo, nangka, jeruk dan lain-lain. Seluruhnya ada 300 bibit pohon. 

Ketua Pelaksana Gancar Pramistri Ambawono, S.Psi mengatakan, kegiatan Tanam Pohon ini merupakan yang pertama kali. Selain diikuti siswa SD Muhammadiyah 4 juga diikuti siswa perwakilan seluruh SD Muhammadiyah Kota Malang. "Biasanya kami mengikuti kegiatan komunitas lingkungan tapi sekarang mencoba mengadakan sendiri dengan melibatkan guru dan siswa dari SD Muhammadiyah yang lain," ujar Amba, kepada Malangpostonline.com. 

Ia menerangkan dengan mengundang SD Muhammadiyah lainnya, pihaknya dapat membangun komunikasi dan berbagi pengalaman. Dalam hal ini SD Muhammadiyah 4 sharing ilmu tentang keadiwiyataan. "Kami berbagi ilmu cara beradiwiyata secara nyata. Tidak hanya lingkup sekolah tapi juga lingkungan," imbuhnya. 

Kegiatan Tanam Pohon tersebut dalam rangka memperingati Hari Hutan, yang sebenarnya jatuh pada tanggal 21 Maret. Namun karena biasanya pada Bulan Maret curah hujan menurun, maka kegiatan dimajukan. 

Bibit yang ditanam tidak dibiarkan begitu saja. Setiap bulan tim dari SD Muhammadiyah 4 Malang akan meninjau dan memantau pertumbuhannya. Serta memberikan penanganan khsuus bagi bibit-bibit tertentu, misalnya yang perlu disulam, disiangi dan lain lain. "Kami ingin menanamkan pada siswa, guru dan wali siswa untuk bisa mempraktikkan secara langsung cara menciptakan lingkungan yang indah dan nyaman,” katanya. 

Adapun tema kegiatan adalah pohon meneduhkan, pohon mengayomi. Dari tema tersebut, Amba menjelaskan, bahwa pohon yang ditanam saat ini suatu saat akan tumbuh rindang dan meneduhkan. 

Selain buahnya bisa dinikmati juga melindungi manusia dari bencana alam, seperti musibah banjir, tanah longsor dan sebagainya. "Apalagi tanah Oro Oro Ombo Batu ini dataran tinggi, jika pondasi tanahnya kuat maka akan melindungi kita yang ada di dataran rendah,” imbuhnya. 

Kepala SD Muhammadiyah 4 Hana Ayudah, M.Pd., menjelaskan makna lain dari mengayomi dalam tema kegiatan Tanam Pohon tersebut. Menurutnya pohon yang daunnya rindang dan tumbuh subur akan memproduksi oksigen yang bagus. Oksigen yang dihasilkan akan dikonsumsi untuk kelangsungan hidup manusia. "Maka perlu untuk kita ayomi saat ini, agar dikemudian hari pohon-pohon itu yang akan mengayomi kita," katanya. 

Kegiatan Tanam Pohon, dikatakan Hana, sebagai bentuk tranformasi pengalaman nyata pada anak didik untuk peduli lingkungan. Para guru SD Muhammadiyah 4 akan mengevaluasi sejauh mana tingkat efektifitas kegiatan tersebut. 

Kalau hasilnya bagus akan dikembangkan di tempat yang lain dan menjadi program rutin SD Muhammadiyah 4 Malang. "Ini merupakan bukti otentik bahwa kita cinta lingkungan. Dan juga sebagai edukasi pada masyarakat juga. Karena hingga saat ini masih banyak yang belum sadar pada lingkungan," terangnya. (imm)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : imm
Uploader : slatem
Penulis : Imam W.
Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU