IB: InshaAllah (Striker Arema Jaycee John)

  • 02-08-2018 / 04:04 WIB
IB: InshaAllah (Striker Arema Jaycee John) Begitu seriusnya Malang Post mengerjakan berita Arema, termasuk membuat ilustrasi ini.

Menguasai permainan. Mampu menggiring bola dari bawah hingga ke depan. Mencari celah dan ciptakan peluang. Berikutnya bisa cetak gol. Hingga akhirnya memenangkan sebuah pertandingan. Bukankah itu hal yang wajar ya? Rangkaian kalimat ini bisa menggambarkan, bagaimana perjuangan Malang Post untuk menjadi pemenang.

Khususnya dalam beberapa hari terakhir ini. Terkait dengan perburuan berita eksklusif tentang striker asing Arema. Malang Post ingin jadi yang terdepan. Sebagai korane arek Malang, jadi yang pertama, mendapatkan berita eksklusif tentang striker ini. Maklum, Malang Post terlanjur dikenal sebagai koran paling konsisten urusan berita Arema.

Ya, Malang Post sangat menguasai sekali berita Arema. Lalu tentang striker asing, Malang Post yang pertama mengawali. Hingga akhirnya, melalui investigasi mendalam, Malang Post secara eksklusif memberitakan bahwa Arema memilih striker asal Bahrain, Jaycee John. Malang Post edisi Selasa, 31 Juli itu bikin heboh, luar biasa.

Tak hanya media lain, manajemen pun heboh. Lantaran memang belum ada keterangan resmi dari manajemen Arema. Malang Post mengandalkan analisa yang tajam, setelah beberapa hari sebelumnya running berita perburuan striker. Plus kekuatan investigasi mendapatkan informasi penting, dan berharap pilihan berita striker itu jadi gol yang indah.

Ada yang tak percaya. Bahkan berita ini disebut-sebut hanya gosip. Lebih parah lagi, dikatakan sebagai hoax. Cibiran itu menambah semangat kami di Malang Post. Kami harus membuktikan, berita di Malang Post adalah yang terbaik, bukan abal-abal. Khususnya untuk Aremania. Kami sajikan berita yang pertama dan tepercaya.

Jujur, finishing pengerjaan berita eksklusif itu cukup menegangkan. Selain spekulasi tinggi, kredibilitas Malang Post dipertaruhkan. Lantaran selama ini, Malang Post sudah dipercaya sebagai media tepercaya. Pun, pilihan untuk menjadikan berita striker sebagai Headline penuh resiko. Terbukti, muncul beberapa komentar miring.

Kami juga dituding hanya mengarang berita. Padahal dari berita-berita sebelumnya, Malang Post memang selalu jadi yang pertama. Sebut saja tentang perburuan pemain dan pelatih di awal musim kompetisi. Lalu tentang pencoretan pemain, hampir semua berita Malang Post bisa memuaskan pembaca. Khususnya Aremania.

Tentu, semangat kami adalah menjadi mata dan telinga, serta wujud keinginan Aremania. Selalu ingin mendapatkan informasi akurat tentang Arema. Bahkan ingin secepatnya mengetahui kabar terbaru tentang Arema. Maka, totalitas Malang Post dalam menyampaikan berita yang pertama dan tepercaya, jangan diragukan lagi.

Lalu bagaimana kelanjutan berita Jaycee John, striker asal Bahrain yang bikin heboh itu. Terus terang, kami sedikit kaget dengan ‘manuver’ manajemen Arema yang sempat membantah berita Malang Post. Namun kami menilai, itu adalah cara untuk meredam media lain, atau meminimalisir tuduhan mengeksklusifkan Malang Post.

Atau setidaknya, saat berita itu kami buat, statusnya memang belum sepenuhnya tercatat sebagai resmi pemain Arema. Sekalipun Arema mungkin saja sudah oke, atau sudah deal, seperti judul yang dibuat Malang Post saat itu, kenyataannya si John belum ada di Indonesia. Praktis, sampai Rabu (1/8) kemarin, belum ada kepastian striker asing itu.

Kami dibuat sport jantung. Seperti sebuah pertandingan, kemenangan di depan mata, justru berbalik jadi kekalahan di masa injury time. Apalagi manajemen menyebut, Arema bisa saja tanpa diperkuat striker asing asal Asia. Namun dengan berbekal insting dan keyakinan, kami masih percaya, berita Malang Post benar adanya.

Apalagi  Rabu (1/8) siang kemarin, muncul petunjuk baru, bahwa striker yang dibidik Arema sudah ada di Jakarta. “Striker ini melakukan penerbangan cukup jauh,” ungkap si pemberi petunjuk masih berteka-teki. Nah, untuk ukuran striker Asia, penerbangan terjauh, sepertinya dari Bahrain, dibandingkan penerbangan dari Singapura atau Thailand.

Hanya saja, belum juga ada keterangan resmi dari manajemen Arema. Tetap sama, seolah membantah berita Malang Post itu. Hingga Rabu (1/8) pukul 22.50 WIB, konfirmasi pada General Manager Ruddy Widodo, tak membuahkan hasil. “John siapa ya mas,” ungkapnya saat saya konfirmasi lewat whatsapp tentang keberadaan striker Jaycee John di Jakarta.  

“Oalah, belum mas,” lanjutnya. Ya, kami belum mendapat kepastian. Penantian kami,  hingga detik terakhir pukul 23.35 WIB, Rabu (1/8) malam harus diputuskan. Edisi cetak koran Malang Post harus berangkat ke percetakan, dengan status John kembali mengambang. Dan belum ada kepastian lagi tentang striker asing Arema itu.

Hingga file halaman Arema terkirim, kami belum mendapat jawaban resmi dari manajemen tentang kepastian sosok striker itu adalah Jaycee John. Padahal sejak pukul 17.30 WIB, sebenarnya kami juga konfirmasi pada CEO Arema, Iwan Budianto (IB). Meski demikian, dengan keyakinan striker di Jakarta itu si John, catatan ini sudah saya tulis sejak sore.

Saya masih menunggu jawaban IB yang kabarnya tengah mendampingi striker Asia tersebut di Jakarta. Jika tak ada jawaban resmi, maka tulisan yang sudah 98 persen jadi ini rasanya tak menarik dipublish di koran. Dan, hingga pukul  23.35 WIB itu, IB belum juga menjawab bahwa striker Asia untuk tim Arema adalah benar si Jaycee John.

Kami tetap menunggu. Meski telah lewat edisi cetak koran. Hingga akhirnya, Kamis (2/8) dini hari, tepatnya pukul 02.00 WIB, jawaban IB datang juga lewat saluran whatsapp. “InshaAllah mas, ada beberapa kendala teknis, semoga bisa kita lalui,” ungkap IB yang akhirnya menjawab pertanyaan saya, apakah striker Arema jadi Jayce John. Alhamdulillah.

Meski belum 100 persen lega, karena dengan kendala teknis itu, masih ada kemungkinan batal gabung. Namun setidaknya, berita Malang Post  itu benar. Terkhusus nawak Aremania, yakinlah, kami tak pernah sedikit pun terbayang untuk membuat berita hoax. Meski dengan liku-liku perjuangan yang tidak mudah dalam menyajikan berita terbaik.

Beruntung kami punya Malang Post Online. Tulisan ini pun kami muat di www.malangpostonline.com, karena saat mendapat konfirmasi dari IB itu, versi koran sudah dicetak. Semoga ini bisa meyakinkan pembaca setia Malang Post. Koran yang baru saja merayakan hari ulang tahun ke-20, Rabu (1/8) kemarin, adalah media tepercaya. (*)

  • Editor : bua
  • Uploader : buari

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Alfarizi is Back; Sangat Fit Tanpa Cedera

FISIP UMM Semakin Mantap Go International

Keseimbangan Hidup

Banyak Foto Keren, Pemenang Diumumkan Besok


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->