Mendidik Kids Zaman Now, Begini Caranya

  • 04-08-2018 / 08:48 WIB
  • Kategori:Malang
Mendidik Kids Zaman Now, Begini Caranya SHARING ILMU: Prof Dr Umi Dayati M.Pd membagikan ilmu parenting kepasa wali murid SD Unggulan Permata Jingga, Sabtu (4/8). (Noer Adinda Zaeni/Malang Post)


MALANG - Kids zaman now tidak setangguh anak dulu. Karena itu pola asuh yang diterapkan juga berbeda. Tidak bisa disamakan dengan generasi kelahiran 80-an maupun 90-an. Hal ini disampaikan Prof Dr Umi Dayati M.Pd dalam seminar parenting bertajuk 'Kerjasama Orang Tua dengan Sekolah Dalam Mengembangkan Karakter Anak' yang digelar di SD Unggulan Permata Jingga, Sabtu (4/8).

"Jangan sekali-kali menggunakan kata 'jangan' saat mendidik anak. Yang akan diingat mereka adalah dua kata di belakangnya. Misalkan 'jangan main air', nanti yang diingat mereka 'main air' saja," ujar Umi di depan wali murid.

Yang paling efektif dalam mendidik anak adalah memberikan contoh langsung. Kalau ingin anak rajin beribadah, orang tua juga harus rajin beribadah. Begitu juga kalau anaknya ingin lepas dari handphone, orang tua juga harus lepas dari handphone.

"Yang tidak kalah penting adalah, jangan mengeksploitasi anak. Saat ini orang tua banyak terkena Cinderella Syndrom. Mereka ingin anaknya pinter di segala bidang. Ikut les macam-macam. Padahal kecerdasan anak berbeda-beda, tidak boleh dipaksa di segala bidang," beber Umi. (nda)

Editor : adinda
Uploader : abdi
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU