Bantah Unas 2019 Tiga Kali, Kemenristekdikti Siapkan Model Test Center

  • 15-08-2018 / 10:51 WIB
  • Kategori:Sekolah
 Bantah Unas 2019 Tiga Kali, Kemenristekdikti Siapkan Model Test Center Ilustrasi: SBMPTN 2018 yang berlangsung di UI beberapa waktu lalu. (Miftahulhayat/jpc)

JAKARTA- Beredar pesan berantai yang menyinggung ujian nasional (unas) 2019. Isinya, unas tahun depan diselenggarakan tiga kali. Namun, pihak-pihak berwenang membantah.

Dalam pesan yang beredar melalui WhatsApp (WA) tersebut dijelaskan, unas tahun depan dilaksanakan Januari, April, dan Mei. Nanti nilai yang didapat disesuaikan dengan passing grade kampus negeri tertentu. Misalnya, PTN A memiliki passing grade 700 poin.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi mengatakan, sampai saat ini belum ada kebijakan baru soal pelaksanaan unas 2019. BSNP merupakan lembaga independen yang bertugas menyelenggarakan unas.

Dia juga menegaskan bahwa berita atau pesan yang beredar itu tidak berasal dari BSNP. "Perlu ditelusuri siapa yang membuat pesan tersebut," katanya.

Saat dimintai konfirmasi kemarin (14/8), Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Didik Suhardi juga menuturkan, sampai sekarang tidak ada rencana pihaknya melaksanakan unas tiga kali. Didik mengatakan, pelaksanaan unas tetap seperti biasanya. Yakni, dilaksanakan satu kali untuk tiap-tiap jenjang pendidikan.

Sementara itu, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan, saat ini memang sedang dikaji model baru ujian masuk PTN. Khususnya yang berbasis ujian tulis atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Kemenristekdikti sedang mengkaji model ujian yang bisa diikuti calon mahasiswa kapan saja. Istilahnya adalah test center. "Seperti kita ujian TOEFL, bisa kapan aja," jelasnya.

Nanti ada lembaga khusus yang mengelola dan mendokumentasikan nilai calon mahasiswa. PTN tinggal menggunakan nilai yang sudah terarsip tersebut. Namun, sistem baru itu tidak terkait dengan kabar akan adanya tiga kali unas. (wan/lyn/c11/ttg/bua)

 

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU