Naik Jeep, Kangmas Nimas Kunjungi Coban Putri

  • 28-04-2018 / 00:20 WIB
  • Kategori:Batu
 Naik Jeep, Kangmas Nimas Kunjungi Coban Putri Finalis Kangmas Nimas Kota Batu 2018 naik Jeep menuju kawasan wisata alam Coban Putri, Jumat (27/4) kemarin. (Ipunk Purwanto/Malang Post)

BATU - Finalis Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu 2018 menjalajahi wisata alam Coban Putri Kota Batu, Jumat (27/4) kemarin. Jelajah wisata finalis Kangmas Nimas ini ini merupakan rangkaian tour menjelang grand final di Golden Tulip Holland Resort, Sabtu (5/5) mendatang. Selain berjelajah, finalis pemilihan Duta Wisata yang mendapat dukungan Malang Post ini juga melakukan wisata edukasi pembuatan produk unggulan di Deduwa Oleh-Oleh.

 

Selama satu hari penuh, 20 finalis Kangni diajak mengenal potensi yang belum terangkat maksimal. Dalam kegiatan pra karantina "one day city tour" finalis tidak hanya diajak berwisata. Tetapi bagaimana mereka dibentuk menjadi garda depan untuk mengenalkan semua keunggulan dan potensi wisata di Kota Batu.

 

Dengan menaiki Jeep semi offroad, finalis melintas Jalan Sultan Agung, BNS, Desa Gangsiran dan wisata alam Coban Putri di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo. Mereka turun ke wisata edukasi pembuatan produk unggulan Kota Batu Deduwa untuk belajar membuat produk.

 

Kabid SDM Dinas Pariwisata Kota Batu, Kairo Latief Setiawan mengatakan, kegaitan pra karatina tersebut bertujuan untuk mengenalkan destinasi wisata, khususnya desa wisata. "Kami ingin finalis memiliki wawasan luas tentang wisata dan Kota Batu. Sehingga bisa menjelaskan dengan detail potensi yang dimiliki Kota Batu kepada wisatawan," ujar Latief kepada Malang Post.

 

Ia menjelaskan, kegiatan pra karantina tidak serta merta jalan-jalan. Karena dari kegaiatan mulai dari Apeksi seperti tanam pohon dan city tour. Pengetahuan itu bakal menjadi bekal mereka saat grand final, 5 Mei nanti. "Ini bukan sekadar liburan. Kegiatan ini adalah pedoman nanti ketika mereka dinobatkan sebagai Kangmas dan Nimas Kota Batu," tegasnya.

Hal itu dapat dirasakan jelas oleh finalis Nimas Kota Batu, Francilia Georgiana Wanda Alvonita. Ia mengungkapkan, city tour dengan naik Jepp adalah pengalaman pertama. "Ini merupakan pengalaman pertama saya. Dari perjalanan selama satu hari ini bakal saya sampaikan ke masyarakat luas kalau Kota Batu juga memiliki wisata Alam Coban Putri," paparnya.

 

Ia menambahkan, jika selama ini potensi pengenalan potensi wisata desa belum maksimal. Karenanya, lanjut dia, Coban Putri dan Bukit Cinta tidak kalah dengan wisata paralayang yang menyuguhkan pemandangan indah.

 

Sementara itu finalis Kangmas Kota Batu, Rico Ferdiantoro menambahkan, dari kegaitan city tour dia melihat ada banyak potensi wsiata alam. Dengan berkunjung ke wisata alam seperti Bukit Cinta, wisatawan bertemu penduduk desa merawat pertaniannya.

 

"Ini tidak hanya tempat wisata, tetapi sarana edukasi dengan kearifan lokal yang dimiliki tiap desa. Nanti saya berharap bisa memperkenalkan dan mengembangkan pariwisata dan pertanian bersama Disparta," pungkasnya. (eri/feb)

  • Editor : feb
  • Uploader : irawan

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Sepasang Kekasih Kompak Mencuri Motor

Membunuh Korban Karena Kepergok Mencuri Jagung

Terapkan Sapta Pesona Untuk Menyambut Libur Lebaran

Setelah Bukber Bir, OPPO Nunggak Pajak Reklame

Belum Ada Perusahaan Tangguhkan Pemberian THR

Perangi Narkoba SMPN 15 Bentuk Satgas Antinarkoba

VIDEO