trial_mode: on

Batam Raih Smart Sanitasi Award 2018

  • 27-10-2018 / 10:14 WIB
  • Kategori:Nasional
Batam Raih Smart Sanitasi Award 2018 Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Batam Yusfa Hendri (dua dari kiri) dalam acara City Sanitation Summit XVIII di Hotel Luxury, Kota Jambi, Kamis (25/10) lalu. (Istimewa/jpc)

BATAM - Pemerintah Kota (Pemkot) meraih penghargaan Smart Sanitasi Award (SSA) 2018. Batam berada di peringkat pertama kategori National Water and Sanitation Information Services (Nawasis). Nawasis merupakan pusat data dan informasi berbasis internet yang sedang dikembangkan untuk memantau perkembangan sektor air minum dan sanitasi di Indonesia.

Penghargaan diterima Wali Kota Batam Muhammad Rudi melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Batam Yusfa Hendri. Penyerahan berlangsung dalam acara City Sanitation Summit XVIII di Hotel Luxury, Kota Jambi.

SAS 2018 secara resmi diserahkan Dirjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H. Sumadilaga. Batam mengungguli 491 anggota Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi Indonesia (AKKOPSI).

Yusfa menjelaskan, penghargaan ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Pemkot Batam. Hal itu menunjukkan adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat terkait persoalan sanitasi.

“Setelah melalui serangkaian penilaian, kami berhasil meraih peringkat pertama Nawasis terlengkap,” kata Yusfa dalam keterangan yang diterima JawaPos.com di Batam, Sabtu (27/10).

Nawasis tidak hanya mengevaluasi kinerja sektor air minum. Namun juga sebagai kesatuan sistem yang memberikan layanan advokasi dan peningkatan kapasitas dalam rangka meningkatkan pembangunan air minum dan sanitasi.

“Nawasis ini adalah kesatuan sistem yang akan memberikan layanan untuk meningkatkan pembangunan air minum dan sanitasi,” jelas Yusfa.(bbi/JPC/bua)

 

  • Editor : bua
  • Uploader : buari

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI