Revolusi Partai Politik Diklaim Jadi Kunci Mencegah Korupsi

  • 27-10-2018 / 14:26 WIB
  • Kategori:Politik
Revolusi Partai Politik Diklaim Jadi Kunci Mencegah Korupsi Ilustasi: Gedung KPK (Dery Ridwansah/JPC)

JAKARTA- Korupsi seolah menjadi tradisi di Indonesia. Sejumlah pejabat pemerintahan satu per satu mulai diciduk oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terbaru 8 anggota DPRD Kalimantan Tengah dan Bupati Cirebon masuk dalam daftar pasien komisi antirasuah.

Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), Robert Endi Jaweng menilai permasalahan utama penyebab korupsi terjadi dipegang oleh partai politik.

Oleh karena itu partai politik harus berbenah agar tidak terus bertambah pejabat yang ditangkap KPK. Jika tidak memperbaiki sistemnya, partai diyakini akan terus melahirkan pejabat korup.

"Saya harus kembali ke tesis dasar saya bahwa tidak ada korupsi yang berkurang kalau tidak ada revolusi partai," kata Robert di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10).

Revolusi yang dimaksud Robert sendiri berupa sisitem kaderisasi partai. Jika itu diperbaiki maka diharapkan mampu melahirkan calon pejabat negara yang memiliki integritas tinggi. Sehingga angka korupsi bisa ditekan.

"Kata kunci revolusi partai dalam soal pengkaderan dalam soal pencalonan dan sebagainya," jelasnya.

Di sisi lain, Robert mengatakan bahwa pelanggaran pidana korupsi memang secara hukum selalu dibebankan kepada pelakunya secara personal. Namun secara etik banyak pihak-pihak yang seharusnya ikut bertanggungjawab untuk membenahi masalah itu agar tidak terus-menerus terulang.

"Tapikan pada posisi itu dan kemudian menyelenggarakan pemerintahan tentu banyak institusi dan banyak orang (yang juga harus merasa bertanggungjawab, Red)," pungkasnya.(sat/JPC/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : buari

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Buktikan Pavel!, Bawa Arema FC Naik Level

JUmat Muda

Polisi Tangkap Nunung Terkait Narkoba

Sebelum Meninggal, Penjaga Rumah di Perum Araya Muntah Darah

7 Varian Pizza dan Pasta Amerika-Eropa

Ritual Perkawinan Joko dan Sri Gondel di Kawisari

Hastag Mandiri Eror Ramai di Twitter

Pendaftaran Jalur Mandiri Polinema Masih Dibuka

Pisah dari Song Joong-ki, Hye-kyo Tinggal di Vila Mewah

Jadwal Semifinal Indonesia Open 2019

Harga Tiket Perempat Final Indonesia Open 2019