Restorasi Ford Apache: Ubah Bangkai Jadi Truk Memikat

  • 30-10-2018 / 15:00 WIB
Restorasi Ford Apache: Ubah Bangkai Jadi Truk Memikat Ford Apache tahun 1950-an tampil memikat di Jakarta Custom Culture 2018 (Wilfridus Zenobius Kolo /jpc)

JAKARTA- Truk Ford Apache  uzur buatan tahun 1959 terbilang langka. Seperti mobil tua lainnya, Ford model itu masih banyak tetapi sebagian besar tinggal bangkai. Meskipun demikian bagi para modifikator, bangkai mobil bisa kembali direstorasi menjadi kendaraan memikat.

Salah satu mobil Ford Apache yang direstorasi oleh Dany, punggawa Bengkel Icon Autowork'z, asal Surabaya. Mobil ini didislpay di ajang Jakarta Custom Culture 2018 yang berlangsung sabtu dan minggu (27-28/10) di pelataran Gambir Expo, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Dany, Ford Apache didapat dalam kondisi memprihatinkan, bodinya penuh karat, bahkan sudah tak bisa digunakan sehingga mereka melakukan restorasi secara total mulai dari mesin, bodi, kabin depan hingga kaki-kakinya.

"Saat kita dapatkan, mobil dalam kondisi tidak layak jalan. Bodinya karat semua. Terus kita bongkar. Kita restorasi dari awal untuk memperbaiki dan menambahkan bagian yang rusak parah," kata Dany saat berbuncang dengan JPC, di JIExpo, Kemayoran, (28/10).

Restorasi dimulai dari perbaikan kaki-kaki, penggantian sasis, pengecatan ulang bodi, pambuatan bak baru hingga memberikannya mesin baru 383 Stroke Engine yang langsung didatangkan dari Amerika Serikat. Mesin tersebut memiliki power 500 hp.

Bersama crew-nya, Dany mengembalikan wujud Ford Apache ini agar tetap membawa tampilan klasiknya. Tetapi pada bagian engine dan part-partnya diberikan sparepart moderen sehingga aman dan nyaman saat dikendarai.

"Walapaun mobil klasik, kita coba untuk memberikan sisi comfort-nya dengan piranti yang moderen. Artinya mobil klasik tapi dari segi mengandarai comfort-nya yang kita tonjolkan. Jadi kita tak restorasi ke kondisi normalnya, tetapi kita  custom ke arah agar orang berkendara jauh lebih aman," tukasnya.

Di bagian eksterior mobil jadul ini masih mempertahankan model bawaanya dengan pembuatan ulang bak dengan lantai kayu. Mobil berkelir cokelat ini tampak segar dan menarik perhatian.Kabinnya mendapat full restoration dengan pemasangan ulang jok dengan balutan kulit MBteck Camaro, dasbornya di repaint dan beberapa bagian lain seperti roda kemudi dan piranti lainnya menggunakan model klasik yang terkesan mewah.

Bagin kaki-kaki menggunakan velg Radler ring 20 untuk empat roda. Sistem pengeremann yang diaplikasikan adalah Brembo kaliper empat titik. Bagian depan empat pot dan belakang 6 pot. Meski berperawakan klasik Ford Apache ini mengaplikasikan  air suspension V5 empat titik, sehingga bodi mobil bisa digerakan naik dan turun dengan koneksi androis di smartphone maupun remote control.

Dalam pengerjaannya, Dany mengaku memang banyak kesulitan jika mengembalikan semua piranti orisinilnya. Jadi mereka memilih untuk memberikan restorasi total namun tetap terlihat simpel seperti model aslinya. Restorasi sendiri dilakukan secara in-house di Bengkel mereka yang terletak di Jl Banyu Urip No 71, Suarabaya Jawa Timur.

"Kita kerjakan semuanya di bengkel sendiri. Sebenarnya kesulitannya banyak kalau kita mau main orgisinil, karena banyak  sekali part-partnya yang gak ada. Makanya kita coba untuk desain sendiri agar lebih simpel. Kalau kita mau tonjolkan semuanya seperti krom-kroman-nya bakal makan waktu lama, sehingga kita buat simpel tapi tetap menarik," beber pria asal Surabaya itu.

Dany bangga memiliki mobil lawas ini, karena meskipun orang memiliki banyak mobil tetapi belum tentu ia memiliki model langka seperti Ford Apache. "Sebenanrnya ada kebanggaan sendiri bahwa ada mobil tua, tapi masih bisa  jalan dan nyaman. Daripada kita beli mobil yang moderen kan sudah lebih  umum. Ini kan lebih Vintage," ujarnya.

Untuk mendapatkan model Ford Apache yang menarik dan memikat mata, Dany telah menghabiskan waktu kurang lebih delapan bulan dan mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 500 juta dalam melakukan restorasi. (wzk/JPC/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : buari

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Pengecer Judi Online Dampit Diringkus

Awas, Maling Motor Mulai Sasar Masjid

Yuuk Ngalam Petengan, Bisa Hemat Energi Lho!


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->