Jokowi-Ma'ruf Amin Diprediksi Unggul dari Prabowo-Sandi di Sumut

  • 29-11-2018 / 14:56 WIB
  • Kategori:Politik
Jokowi-Ma'ruf Amin Diprediksi Unggul dari Prabowo-Sandi di Sumut SURVEI PILPRES: Direktur Eksekutif Indopol, Ratno Sulistiyanto (dua dari kiri) saat merilis hasil survei Peta Kekuatan Capres-Cawapres Menjelang Pemilu 2019 di Sumatera Utara, Kamis (29/11). (Budi Warsito/jpc)

JAKARTA - Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin diprediksi lebih unggul dari  paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Hal itu berdasarkan elektabilitas pasangan calon presiden dalam Survei Peta Kekuatan Capres-Cawapres Menjelang Pemilu 2019 di Sumatera Utara yang dirilis oleh Indopol, Kamis (29/11) di Medan.

Dari hasil survei menunjukkan, tingkat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin masih jauh lebih unggul dibandingkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga Uno. Dimana elektabilitas pasangan nomor urut 01 itu berada di angka 55,99 persen, sementara pasangan nomor urut 02 hanya 34,83 persen. Sisanya 9,18 persen tidak memberikan jawaban.

Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto mengatakan, survei yang mereka lakukan melibatkan responden sebanyak 1.000 orang dengan metode sampling. Survei dilakukan mulai 24 Oktober sampai dengan 15 November 2018.

"Responden berasal dari berbagai kalangan, seperti kalangan petani; wiraswasta; ibu rumah tangga; tidak bekerja; karyawan perusahaan; nelayan; PNS; perkebunan; guru/dosen dan lainnya," ujar Ratno di Medan, Kamis (29/11).

Ia melanjutkan, perbandingan antara laki-laki dan perempuan dalam survei tersebut berada di angka 50 dibanding 50 persen.

Tingginya elektabilitas pasangan Jokowi-Mar'uf di Sumatera Utara menurut Ratno, disebabkan faktor positifnya penilaian publik terhadap pasangan nomor urut 01 tersebut. Salah satunya terhadap kebijakan Jokowi terutama dalam pembangunan, maupun terkait pribadinya yang dinilai sebagai sosok jujur dan sederhana.

"Publik menilai Jokowi-Ma'ruf diyakini dapat dipercaya memimpin perubahan ke arah yang lebih baik," paparnya.

Selain itu, Jokowi-Ma'ruf dianggap mewakili publik baik dari segi keagamaan maupun kebangsaan. Kemudian pasangan Jokowi-Ma'ruf dijadikan sebagai Capres-Cawapres tumpuan harapan masyarakat.

"Hal diatas terkonfirmasi dengan tingkat kepuasan pemerintahan Jokowi saat ini yang relatif tinggi. Jika diakumulasi, dengan sangat puas dan puas yakni sebesar 71,56 persen," ungkapnya.

Sementara tingkat ketidakpuasan terhadap pemerintahan Jokowi sebesar 25.15 persen. "Responden yang diambil berada di usia 17 tahun yang sudah memiliki KTP dan memiliki hak suara. Itu dilakukan karena kami meyakini survei yang benar jika dilakukan dengan cara yang benar," tandasnya.(bew/JPC/bua)

Editor : bua
Uploader : buari
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU