DPRD Jateng Usulkan Tol Tanggul Laut Semarang-Kendal

  • 04-12-2018 / 14:36 WIB
DPRD Jateng Usulkan Tol Tanggul Laut Semarang-Kendal Anggota Komisi D DPRD Jateng, Abdul Aziz. (Tunggul Kumoro/ Jpc)

SEMARANG- DPRD Jawa Tengah mengusulkan pembangunan tol Semarang-Kendal. Tak hanya ditujukan untuk kendaraan, infrastruktur tersebut nantinya juga akan berfungsi sebagai tanggul laut. Sama seperti rencana tol laut Semarang-Demak.

Anggota Komisi D DPRD Jateng, Abdul Aziz mengatakan,sama seperti infrastruktur jalan lainnya, keberadaan tol tanggul laut Semarang-Kendal dinilai bisa mengurai kemacetan dengan memecah arus lalu lintas. Selain itu, juga bisa menjadi solusi permasalahan rob dan abrasi di pesisir pantura Jawa Tengah.

"Sudah kami usulkan dan ini salah satu komitmen dewan dalam pembangunan infrastruktur di Jateng," katanya, Selasa (4/12).

Usulan tol laut Semarang-Kendal ini sudah dimasukkan dalam revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jateng 2009-2029. Dengan dituangkannya usulan tersebut ke dalam Perda RTRW, maka sudah menjadi poin untuk disampaikan ke pemerintah pusat. Saat dibahas dulu sebenarnya juga sudah diinformasikan kepada kementerian terkait, hanya saja belum ada tanggapan mendetail.

Intinya, permasalahan soal rob yang sudah menahun di pesisir utara sudah harus ditangani secara serius. Agar tidak semakin merendam pemukiman warga terus menerus, dan pada akhirnya membuat mereka kehilangan tempat tinggal.

Lebih jauh, Aziz menjelaskan bahwa sebelum ini memang sudah ada konsep pembangunan jalan arteri primer Semarang-Kendal. Tetapi, diganti menjadi jalan bebas hambatan atau tol. "Karena abrasi dan rob ini harus segera ditangani. Dengan begitu, pembangunan akan lebih efektif dan multifungsi," jelasnya.

Soal trase juga sudah disampaikan ke kementrian terkait. Bentuk dan fungsinya mirip tol Semarang-Demak. Sementara untuk panjang dan konsepnya, pihaknya menyerahkan kepada pemerintah pusat.(gul/JPC/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : buari

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Warga Surabaya Tertangkap Nyabu di Sukun

TP PKK Lihat Sentra UKM di Eks Lokalisasi Dolly


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->