Hj. Fariyal Naftalin Siap Wadahi Potensi Seniman Jawa Timur

  • 11-12-2018 / 19:42 WIB
Hj. Fariyal Naftalin Siap Wadahi Potensi Seniman Jawa Timur KUMPUL: Hj. Fariyal Naftalin bersama komunitas seniman dan penyanyi keroncong Malang Raya dan foto kiri, menghibur para seniman dan penyanyi keroncong. (MARGA NURTANTYO/MALANG POST) 

MALANG-  Budaya tidak pernah lepas dari kehidupan Hj, Fariyal Naftalin SE, Ketua Perempuan, Sosial dan  Hubungan Internasional DPD Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Jawa Timur. Beberapa kali, ia mengajak berbagai komunitas untuk mengangkat seni budaya di Malang Raya dan Jawa Timur.

Seperti ketika menemui penyanyi keroncong, komunitas seniman dan budayawan yang ada di daerah Malang Barat. “Kami menemui mereka yang tinggal di Wagir, Pujon, Ngantang, Kasembon, Karangploso dan Dau. Potensi seniman-seniman ini harus terus digali dan diwadahi,” ungkapnya kepada MP Online.  

“Misalkan seni ludruk yang hampir punah, harus kembali dihidupkan. Dan kami tidak akan lelah terus menggali kreatifas para seniman yang ada,” tambah Neng Fey, sapaan akrabnya yang kini maju sebagai calon legislatif (caleg) propinsi dari partai berlambang beringin Dapil Malang Raya itu.

Selain itu, anggota Gerakan Perempuan (GePe) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Jawa Timur itu juga menginginkan kesenian keroncong ikut dipertahankan. “Tidak sampai tergerus budaya asing,” lanjutnya didampingi Duhardi, Ketua Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (IPPKINDO) Malang.

Ia mengatakan, music keroncong merupakan genre asli musik Nusantara. Dalam beberapa dekade ini, memang hanya lamat-lamat terdengar. “Harus ada upaya untuk membangkitkan kembali khazanah budaya bangsa tersebut,” ucap Fariyal, sapaan lain wanita cantik itu dengan semangat.

Wanita yang banyak berkiprah di dunia seni ini, mengungkapkan musik keroncong harus terus dipertahankan agar tidak terkikis oleh penetrasi budaya luar yang kian pesat. Apalagi sampai diklaim menjadi milik bangsa lain. Kata dia, keroncong merupakan ciri khas Indonesia yang harus dilestarikan. 

“Kalau tidak ingin punah, bangkitkan semangat seni budaya keroncong pada generasi muda,” tegasnya. Demi mendorong agar kaum muda lebih mencintai keroncong, Fariyal mengaku ingin menggandeng beberapa mahasiswa yang sudah memiliki kepedulian di bidang seni budaya tersebut.

“Ingin sekali mengalunkan keindahan musik keroncong nan menghanyutkan. Mari sama-sama membangun karakter dan jati diri bangsa yang di dalamnya termasuk melestarikan seni dan budaya di Indonesia umumnya dan di Jawa Timur, secara khususnya,” pungkas Fariyal atau Neng Fey. (mar)

  • Editor : mar
  • Uploader : slatem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Warga Surabaya Tertangkap Nyabu di Sukun

TP PKK Lihat Sentra UKM di Eks Lokalisasi Dolly


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->