trial_mode: on

Pembangunan RS PMI Kabupaten Malang, Butuh Anggaran Rp 25 Miliar

  • 28-12-2018 / 14:15 WIB
  • Kategori:Kabupaten
Pembangunan RS PMI Kabupaten Malang, Butuh Anggaran Rp 25 Miliar PENGHARGAAN: Wakil Bupati Malang H M Sanusi menyerahkan sertifikat penghargaan terhadap warga yang kerap mendonorkam darahnya. (Ira Ravika/MP Online)

MALANG - Keinginan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang mendirikan rumah sakit tak lama lagi terwujud. Itu dibuktikan, rumah sakit yang diidamkan mulai dibangun. Jumat (28/12) peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit di Jalur Lintas Barat (Jalibar) Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum dilakukan Wakil Bupati Malang H M Sanusi. 

Wakil Ketua PMI Kabupaten Malang, Willem Petrus Salamena, dalam sambutannya mengatakan rumah sakit yang didirikan adalah rumah sakit tipe C dengan tiga lantai. Rumah sakit ini rencananya memiliki 84 kamar rawat inap, dan melayami masyarakat umum. 

"Rumah sakit ini dibangun di atas tanah 2700 meter persegi. Pembangunan membutuhkan anggaranRp 25 miliar harapannya dua tahun sudah selesai dan dapat operasional," kata Willem. Dia juga menguraikan, alasan pembangunan rumah sakit ini adalahlatat belakang wilayah Kabupaten Malang yang rentan terhadap bencana alam. 

Dia pun berharap, dengan adanya rumah sakit ini dapat mempermudah tugas kemanusiaan yang diembankan kepada PMI Kabupaten Malang. Sementara itu, Wakil Bulati Malang H. M Sanusi dalam sambutannya lebih dulu memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus dan jajaran PMI Kabupaten Malang yang memiliki inisiatif mendirikan rumah sakit. 

"Ini luar biasa, semangat pengurus dan jajaran untuk mendirikan rumah sakit harus diapresiasi. Apalagi ini rumah sakit PMI kedua se Indonesia yang dibangun," ungkapnya. Sanusi juga mengatakan pendirian rumah sakit sangat penting untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. 

Apalagi saat ini frekuensi peristiwa bencana juga meningkat.  "Dengan adanya rumah sakit, pertolongan terhadap korban bencana akan lebih cepat," tambahnya. Sementara untuk biaya pembangunan yang cukup besar, Sanusi pun mengatakan Pemkab Malang siap membantu. 

Bahkan sebelum peletakan batu pertama dilakukan Sanusi mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Ketua DPRD Kabupaten Makang, Hari Sasongko. "Supaya, jika dana hibah dapat disalurkan untuk kepentingan pembangunan rumah sakit PMI Kabupaten Malang ini,” tambahnya.

Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit PMI  ini juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada orang-orang yang berjasa di PMI. Baik relawan, maupun pendonor aktif. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Sanusi, usai memberikan sambutan.(ira/mar)

  • Editor : mar
  • Uploader : irawan

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI