Teknik Finishing Rustic Mebel Pegon Madura tembus ekspor ke Taiwan, China, Eropa hingga Amerika

  • 01-01-2019 / 14:36 WIB
  • Kategori:UMKM
Teknik Finishing Rustic Mebel Pegon Madura tembus ekspor ke Taiwan, China, Eropa hingga Amerika Owner Mebel Pegon Madura, Gunawan memperkenalkan produk buatannya berbahan dasar 85 persen kayu jati. (Linda Epariyani/MP Online)

MALANG - Sesuai namanya, Malang Creative Fair 2 memang hadirkan beragam produk kreatif dari berbagai kota di Jawa Timur. Salah satunya Mebel Pegon Madura dengan produk furniturenya yang menarik perhatian hingga ke pasar Eropa dan Amerika.

Dengan teknik finishing rustic, setiap item produk terkesan natural seperti adanya serat kayu yang masih terlihat alami. Uniknya, Mebel Pegon Madura memanfaatkan kayu bekas untuk diolah menjadi produk bernilai tinggi.

"Kayu yang kami gunakan berasal dari bekas bangunan, kapal dan  bantalan kereta api. Bahan mentah ini kami pasok dari berbagai kota di Jawa Timur," ujar owner Mebel Pegon Madura, Gunawan.

Dalam satu bulan Mebel Pegon Madura bisa memproduksi sekitar 500 item. Pemasarannya sendiri selain dari lokal Indonesia juga merambah ke Taiwan, China dan Malaysia dengan rutin pengiriman dua bulan sekali. Selain itu juga melakukan pengiriman ke Eropa dan Amerika dengan durasi satu tahun sekitar dua kali pengiriman.

Meski sudah merambah ke pasar global, Mebel Pegon Madura juga melayani pemesanan secara partai, grosir dan eceran. Rata-rata penyelesaian satu item dibutuhkan waktu 2 hingga 3 hari.

"Setiap item harga berbeda kisaran Rp 500 ribu sampai Rp 20 juta untuk ekspor, sedangkan pasar lokal antara Rp 1 juta hingga Rp 70 juta, harga tersebut dipengaruhi oleh proses pembuatan baik  bentuk dan ukuran serta kualitas dari kayu semakin tinggi grade semakin mahal harganya," pungkas Gunawan. (lin/bua)

  • Editor : bua
  • Uploader : irawan

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI