Game Quizizz Permudah Guru dan Siswa

  • 09-01-2019 / 12:47 WIB
Game Quizizz Permudah Guru dan Siswa Beberapa guru SMK Kimia Industri ikuti pelatihan soal kisi-kisi UN dengan menggunakan game Quizizz.(Muhammad Firman/MP Online)

MALANG - Beberapa guru SMK Kimia Industri mengikuti pelatihan soal kisi-kisi Ujian Nasional (UN) di SMK Putra Indonesia Malang (PIM) Rabu (9/1) hingga Sabtu (12/1) mendatang. Selain Malang, daerah lainnya yang turut bergabung dalam pelatihan tersebut yakni Lumajang, Bojonegoro hingga Cilegon.

Pelatihan yang diberikan berupa pemantapan materi kimia industri dengan uji coba menggunakan game Quizizz. Game tersebut memudahkan para guru maupun siswa nantinya dalam mengupgrade pemahaman seputar kompetensi dasar yang harus dipenuhi.

"Game Quizizz aplikasinya juga mudah, memungkinkan semua guru maupun siswa dapat mengakses. Guru tidak perlu lagi repot mengoreksi karena nilai langsung keluar seusainya mengerjakan soal," ungkap Fasilitator Pelatihan Kimia Industri, Ir Sugianto.

Pengerjaan soal melalui game Quizizz ini pula guru akan mampu mendeteksi siswanya mana yang kurang memahami dan mengetahui bagian materi paling susah. Disisi lain motivasi siswa untuk giat belajar juga akan terbentuk pasalnya saat mengerjakan soal, rangking akan terlihat di layar monitor.

Persentase menjawab juga terlihat di bagian atas artinya semakin besar jawaban benar semakin tinggi pula persentasenya. Kemudahan yang perlu diketahui adalah bisa diakses melalui google di smartphone maupun komputer masing-masing dengan memasukkan link Quizizz tersebut.

"Soalnya beragam, semua mata pelajaran ada termasuk Kimia Industri. Hanya saja masih banyak yang belum menggunakan Quizizz baik untuk ujian per dasar kompetensi maupun untuk pemberian materi," terang guru Teknik Industri di SMK PIM ini.

Khusus pada pelatihan ini soal yang diujikan adalah terkait kisi-kisi UN beberapa bulan mendatang yang terlebih dulu di uji coba kepada guru. Para peserta pelatihan diperkenankan mengerjakan 95 soal dalam waktu satu jam.

Setelah selesai kegiatan dilanjutkan dengan pengayaan materi dan diskusi bersama terutama jawaban-jawaban yang salah. Baru kemudian kembali melakukan simulasi untuk mengetahui sejauh mana peningkatan dari paparan penjelasan yang disampaikan.

Pelatihan Kimia Industri ini digelar atas banyaknya permintaan dari para guru berbagai sekolah, pasalnya pada tahun-tahun sebelumnya SMK PIM rutin mengadakan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan di awal memasuki tahun ajaran baru. Sementara itu game Quizizz sendiri baru diterapkan sekolah di jalan Barito tersebut satu tahun terakhir.

"Kali ini kami undang guru lainnya karena meskipun para guru dan siswa sudah tau materi tersebut namun kadang untuk pemahaman sebauh soal membutuhkan ketelitian, melalui kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan kemampuan merekalebih mendalam," jelas Sugianto.

Salah satu peserta dari, Duwi Lestari, ST, tertarik mengikuti kegiatan pelatihan ini lantaran selama ini yang fokus ke Teknik Industri masih sangat jarang. Meskipun ada pembinaan dari P4TK namun tidak spesifik dan  belum mendalam.

"Ini kegiatan yang langka, saya harap kedepan ada pelatihan serupa dengan lingkup lebih besar. Apalagi penerapan Quizizz ini bisa menggunakan HP masing-masing sehingga mampu menarik minat siswa lantara  bisa mengurangi kejenuhan," pungkas guru Teknik Industri di SMKN 2 Cilegon tersebut. (lin)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Warga Surabaya Tertangkap Nyabu di Sukun

TP PKK Lihat Sentra UKM di Eks Lokalisasi Dolly


GRATIS !!!

Untuk Berlangganan Berita Malang Post Online,
Ketik Nama dan Email di Form Berikut Ini.



VIDEO

-->