Sekolah Harus Mengisi PDSS Sampai 25 Januari 2019

  • 11-01-2019 / 09:54 WIB
Sekolah Harus Mengisi PDSS Sampai 25 Januari 2019 Foto: Istimewa

MALANG- Jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019 sedikit berbeda. Selain lembaga penyelenggara yakni Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) juga kuota yang disediakan ada perubahan dengan pertimbangan akreditasi dari sekolah asal.

Tahapan yang harus dilalui adalah sekolah harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai tanggal 4 sampai 25 Januari 2019. Selanjutnya, siswa memverifikasi data tersebut dan dirangking hingga 40 persen, 25 persen dan 5 persen (sesuai akreditasi sekolah) dan nama yang masuk persentase tersebut melanjutkan daftar SNMPTN sesuai dengan program studi dan PTN yang dipilih.

“Masing-masing siswa hanya diperbolehkan memilih maksimal 2 program studi dan 2 perguruan tinggi dan wajib linear, misalnya jurusan IPA mendaftar ke prodi eksakta dan IPS ke sosial humaniora (soshum),” ujar Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat dan Kearsipan Kotok Gurito, SE kepada Malang Post, kemarin.

Sedangkan pengumuman jalur SNMPTN ini akan dilaksanakan pada 23 Maret mendatang di laman LTMPT. Sementara untuk jalur SBMPTN sebelum mendaftarkan diri, siswa sebelumnya harus daftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada 1 Maret hingga 1 April. Sedangkan tes SBMPTN diselenggarakn pada 13 April hingga 26 Mei 2019.

Pelaksanaan tes SBMPTN hanya berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu, dengan palaksanaan pagi dan siang atau hanya 2 sesi. Nilai ujian tersebut bisa dilihat 10 hari setelah tes sehingga dalam jangka waktu 6 minggu tersebut apabila siswa tidak puas dengan hasilnya bisa kembali mengikuti UTBK.

“Maksimal satu siswa bisa ikut 2 kali UTBK dengan biaya Rp 200 ribu sekali tes, kemudian dari hasil tersebut peserta didik bisa mendaftarkan diri jalur SBMPTN pada 10 Juni sampai 24 Juni 2019, tidak harus linear dengan jurusan saat di SMA namun harus ikut UTBK Saintek dan Soshum,” urai Kotok, sapaan akrabnya.

Selama proses ini apabila sekolah mengalami kesulitan untuk login ke laman PDSS, silakan kontak halo snmptn dan ketika sudah bisa login ke PDSS, namun mengalami kesulitan atau masalah dalam pengisian maka sebaiknya silakan gunakan menu bantuan di laman tersebut. (lin/udi)

  • Editor : udi
  • Uploader : irawan

KOMENTAR ANDA

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

Knockout Lawan Tim Kuat!

Satreskoba Polres Makota Kembali Tangkap Pengguna Sabu

JKI Unggulan Prodi BK Unikama

Belajar Sejarah di Kota Warisan Dunia

Situs Sekaran Sungguh Luas, Sepakat Lestarikan

VIDEO

-->